Jakarta (ANTARA) - Terdapat beberapa berita politik pada hari Senin (15/6) yang menjadi perhatian pembaca dan masih menarik untuk dibaca, diawali BIN perpanjang tes COVID-19 di Surabaya hingga pesawat tempur TNI AU jatuh di Pekanbaru, Riau.

Berikut sejumlah berita politik kemarin yang masih menarik untuk dibaca hari ini:

BIN perpanjang tes COVID-19 maraton di Surabaya sampai 20 Juni

Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Polisi (Purnawirawan) Budi Gunawan memutuskan untuk memperpanjang pelaksanaan tes cepat (rapid test) dan tes usap (swab test) COVID-19 maraton di Surabaya, Jawa Timur, sampai 20 Juni 2020.

Keputusan itu diungkapkan Staf Khusus Kepala BIN, Mayjen TNI Suyanto dalam pernyataan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (15/6).

Selengkapnya di sini


Bawaslu siap lanjutkan pembentukan panwaslu awasi Pilkada 2020

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Republik Indonesia siap melanjutkan pembentukan panitia pengawas pemilihan umum (panwaslu) untuk mengawasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020” dengan mematuhi standar protokol kesehatan COVID-19 yang lengkap.

"Jadi, secara kelembagaan kami sudah siap sampai saat ini dengan di desa. Cuma ada beberapa desa dan kecamatan yang sempat tertunda karena pandemik ini," kata Abhan dalam jumpa pers daring di akun Youtube Bawaslu RI, Senin (15/6).

Selengkapnya di sini


LaNyalla: Mayoritas senator tolak RUU HIP

Ketua DPD RI LaNyalla Mahmud Mattalitti mengatakan bahwa mayoritas senator telah menyatakan penolakan terhadap Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) yang disampaikan dalam Rapat Pimpinan DPR RI pada hari Senin.

Menurut dia, para senator tersebut meminta pimpinan DPD RI menyatakan sikap lembaga secara resmi untuk menolak RUU HIP.

Selengkapnya di sini


Puan: Pembukaan masa sidang DPR tetap patuhi protokol kesehatan

Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan bahwa pembukaan Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2019—2020 pada Senin siang tetap mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19.

"Sidang Paripurna Pembukaan Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2019—2020 tetap mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19. Para pimpinan fraksi dan pimpinan alat kelengkapan dewan akan hadir fisik di ruang rapat paripurna," kata Puan dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Selengkapnya di sini


Pesawat tempur Hawk jatuh, pilot selamat

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI Fajar Adriyanto membenarkan telah terjadi kecelakaan pesawat tempur jenis BAE Hawk 209 dengan nomor registrasi TT-0209, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Senin pagi.

"Pada hari ini pukul 08.13 WIB telah terjadi kecelakaan pesawat tempur jenis BAE Hawk 209 dengan pilot Lettu Pnb Apriyanto Ismail dari Skadron Udara 12 Lanud Roesmin Nurjadin (Rsn) Pekanbaru," kata Fajar dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Senin.

Selengkapnya di sini


Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2020