LTMPT selenggarakan UTBK di 74 lokasi pada 5-12 Juli 2020

id Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK),UTBK,Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN),Mohammad Nasih

Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Prof Mohammad Nasih. ANTARA/Indriani/pri.

Jakarta (ANTARA) - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) akan menyelenggarakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang merupakan syarat untuk mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di 74 lokasi pusat UTBK.

"UTBK akan diselenggarakan di 74 UTBK Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada di Tanah Air," ujar Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Prof Mohammad Nasih dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Baca juga: UTBK untuk SBMPTN dilaksanakan 12 sampai 22 Juli 2020

Pelaksanaan UTBK tersebut dilakukan pada masing-masing PTN yang ada di tiap provinsi. Nasih meminta peserta mengikuti tes di pusat UTBK yang ada di kota masing-masing.

Pendaftaran UTBK dimulai pada 2 Juni hingga 20 Juni 2020. Sedangkan UTBK akan diselenggarakan pada 5 Juli hingga 12 Juli 2020. Sementara pengumuman hasil UTBK akan dilakukan pada 25 Juli 2020.

Baca juga: Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi gelar UTBK 5-12 Juli 2020

"Pelaksanaan UTBK menerapkan protokol kesehatan pencegahan pandemi COVID-19," tambah dia.

Setiap peserta yang akan mengikuti UTBK wajib mengenakan masker dan harus dalam kondisi sehat serta mengikuti prosedur pemeriksaan COVID-19.

Baca juga: ISI Denpasar jadi penyelenggara pusat UTBK dalam SBMPTN 2020

Nasih mengatakan terdapat sejumlah prosedur yang harus dipatuhi peserta, mulai dari saat masuk ruang ujian, saat ujian dan setelah ujian. Nasih berharap UTBK dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Untuk dapat mengikuti UTBK, peserta diwajibkan membayar biaya UTBK sebesar Rp150.000. Namun peserta yang memiliki nomor Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah dibebaskan dari biaya pendaftaran.

UTBK merupakan syarat mengikuti SBMPTN 2020. Dengan nilai UTBK yang didapat, peserta dapat mendaftar pada PTN tujuan.

Baca juga: Ini yang berbeda dari penerimaan mahasiswa baru 2020

 

Pewarta : Indriani
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar