Nongsa tidak hijau lagi, melainkan kuning. Tinggal 3 kecamatan yang masih hijau, tanpa kasus
Batam (ANTARA) - Tiga dari 12 kecamatan di Kota Batam Kepulauan Riau masih bersih dari pasien terpapar virus corona penyebab COVID-19.

Kecamatan Nongsa yang sebelumnya masih hijau, kini menjadi kuning setelah seorang warganya dinyatakan positif COVID-19 dan merupakan kasus 79.

"Kasus yang terakhir ini pedagang di wilayah Kecamatan Nongsa. Jadi Nongsa tidak hijau lagi, melainkan kuning. Tinggal 3 kecamatan yang masih hijau, tanpa kasus," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam Didi Kusmarjadi di Batam, Kamis.

Baca juga: Gugus Tugas Batam umumkan 13 tambahan kasus positif COVID-19

Ketiga kecamatan yang tidak terpapar pasien COVID-19 adalah kecamatan-kecamatan yang berlokasi pesisir dengan pulau-pulau penyangga, yaitu Kecamatan Belakangpadang, Kecamatan Galang dan Kecamatan Bulang.

Sementara itu, pasien kasus 79, kini dirawat di Rumah Sakit Khusus Infeksi Pulau Galang.

Baca juga: Warga degil, pasien positif COVID-19 di Batam terus bertambah

Didi menyatakan pihaknya sudah melakukan penelusuran orang-orang yang melakukan kontak dekat dengan pasien itu, yaitu 8 orang anak, istri dan asisten rumah tangga.

"Yang 8 orang ini akan di-swab besok," kata dia.

Sementara itu, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Batam mengumumkan tambahan 1 orang pasien positif corona.

Baca juga: KKP salurkan ikan untuk warga terdampak COVID-19 di Batam

Dengan begitu, hingga Kamis pagi tercatat 79 orang positif COVID-19, 29 di antaranya sembuh, 8 meninggal dan yang lainnya dalam perawatan RSUD Embung Fatimah, RSBP Batam, RSKI Galang dan 3 rumah sakit swasta.

Kondisi pasien yang masih dalam perawatan umumnya stabil, dan hanya seorang yang dikategorikan lemah.

Baca juga: 58 pasien positif COVID-19 sembuh di Batam
 

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020