Kami berharap bantuan ini dapat mempercepat penanganan COVID-19 di DKI Jakarta
Jakarta (ANTARA) - Bank DKI mendonasikan dana untuk penanganan COVID-19 di Jakarta sebesar Rp5 miliar dalam bentuk Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB), pembagian alat pelindung diri (APD), bantuan kemanusiaan untuk tenaga medis dan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR).

"Bantuan tersebut dari karyawan, Bank DKI Peduli, anggaran CSR Bank DKI dan Unit Pelayanan Zakat Bank DKI," kata Direktur Utama Bank DKI Zainuddin Mappa dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin.

Kemudian, untuk KSBB bersumber dari donasi karyawan, APD dari Bank DKI Peduli, juga karyawan Bank DKI melalui Unit Pelayanan Zakat, sedangkan untuk bantuan konsumsi tim medis bersumber dari anggaran CSR. 

Secara rinci dana-dana tersebut tersalurkan ke Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB) senilai Rp2,25 miliar, lalu APD senilai Rp844,5 juta dan bantuan kemanusiaan tim medis Rp638 juta, serta Rp1,3 miliar untuk CSR DKI.

"Terkait dengan partisipasi Bank DKI pada KSBB sebesar Rp2,25 miliar akan diserahkan kepada Rumah Zakat dan Baznas DKI Jakarta masing-masing sebesar Rp1,12 miliar," kata Zainuddin.

Untuk bantuan alat medis secara merinci terdiri dari pakaian APD dan masker masing-masing sebanyak 3.750, kacamata pelindung, sarung tangan dan penutup wajah masing-masing sebanyak 450 item, cairan pembersih tangan 750 jeriken untuk 15 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Jakarta dan rujukan.

Selanjutnya untuk bantuan kemanusiaan bagi tenaga medis dilakukan lewat sinergi bersama Jakarta Tourisindo dengan bentuk bantuan makanan  kepada tenaga medis yang menginap di Hotel Grand Cempaka. Pemberian bantuan tersebut telah diberikan pada Jakarta Tourisindo pada April 2020.

Terakhir,  untuk dana CSR disalurkan melalui bantuan APD, pencetakan brosur terkait COVID-19, bantuan pembagian sembako bagi warga Jakarta, karyawan, serta pensiunan Bank DKI.

Bank DKI pun hingga saat ini masih membuka kesempatan bagi warga DKI Jakarta khususnya nasabah yang ingin berpartisipasi mendukung penanganan Covid-19 melalui Bank DKI Peduli dengan rekening 101.20.12345.5 dan 701.07.00003.0 untuk rekening Bank DKI Syariah.

"Kami berharap bantuan ini dapat mempercepat penanganan COVID-19 di DKI Jakarta,” kata Zainuddin.

Baca juga: Bank DKI raih penghargaan perbankan digital
Baca juga: Bank DKI ajak masyarakat berdonasi tangani COVID-19

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2020