untuk warga miskin di desa binaan
Purwokerto (ANTARA) - RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo (RSMS) Purwokerto menyalurkan ribuan paket sembako untuk keluarga miskin dari berbagai kelurahan/desa di sekitar rumah sakit milik Pemerintah Provinsi Jawa Tengah itu.

"Penyaluran paket sembako ini rutin kami gelar setiap momentum bulan Ramadhan dan kebetulan berbarengan dengan kejadian pandemi COVID-19," kata Direktur RSMS Purwokerto dr. Tri Kuncoro, M.M.R. didampingi Kepala Bagian Umum dr. Veronica Dwi Winahyu di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Sabtu.

Ia mengatakan ribuan paket sembako tersebut telah disalurkan dalam dua tahap, yakni pada hari Rabu (6/5) dan Jumat (8/5).

Dalam hal ini, kata dia, paket sembako tersebut disalurkan untuk warga miskin di sekitar RSMS Purwokerto yang meliputi wilayah Kelurahan Berkoh, Kecamatan Purwokerto Selatan, Kelurahan Mersi, Kecamatan Purwokerto Timur, dan Desa Pamijen, Kecamatan Sokaraja.

Baca juga: "Ekspedisi KebaikanFood for Dhuafa" salurkan 30.000 paket sembako
Baca juga: BPJAMSOSTEK Banuspa bantu 1.000 paket sembako bagi korban PHK di Bali


Selain itu, lanjut dia, bantuan paket sembako tersebut juga disalurkan untuk warga miskin di sekitar Paviliun Abiyasa Unit Geriatri RSMS Purwokerto yang meliputi Kelurahan Sokanegara, Kecamatan Purwokerto Timur, dan Kelurahan Kedungwuluh, Kecamatan Purwokerto Barat.

"Paket sembako tersebut juga kami salurkan untuk warga miskin di desa binaan RSMS Purwokerto, yakni Desa Kaliori, Kecamatan Kalibagor, dan Desa Karangnanas, Kecamatan Sokaraja," katanya.

Ia mengharapkan bantuan berupa paket sembako tersebut dapat meringankan beban warga miskin yang sedang melaksanakan ibadah bulan Ramadhan di tengah pandemi COVID-19.

Lebih lanjut, Kepala Bagian Umum RSMS dr. Veronica Dwi Winahyu mengatakan pihaknya bekerja sama dengan Bank Jateng, BNI, BRI, dan KPRI Sehat untuk menyalurkan 2.200 paket sembako untuk warga miskim di sekitar RSMS Purwokerto.

"Dari Baznas RSMS Purwokerto juga menyalurkan 1.800 paket sembako, 1.500 paket di antaranya dibagikan saat telah memasuki bulan Ramadhan, sedangkan yang 300 paket dibagikan sebelum Ramadhan," jelasnya.

 Baca juga: Penginapan di Purwokerto sediakan tempat istirahat bagi tenaga medis
Baca juga: Negatif corona, RSMS Purwokerto pulangkan 3 PDP


Menurut dia, Baznas RSMS Purwokerto juga memberikan bantuan berupa 319 paket bantuan keuangan sebagai stimulus bagi warga miskin di sekitar rumah sakit termasuk tukang becak, tukang parkir, dan sebagainya.

Di samping itu, kata dia, Baznas RSMS Purwokerto juga membagikan makan siang untuk penunggu pasien sebanyak 400 nasi bungkus per hari selama empat hari.

"Pembagian makan siang untuk penunggu pasien ini dilaksanakan Baznas sebelum bulan Ramadhan," katanya. 

Baca juga: RSMS Purwokerto tangani 5 PDP dan 2 ODP
Baca juga: Direktur RSMS Purwokerto imbau masyarakat tidak panik terhadap corona

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020