Semen Gresik jadi koordinator Satgas BUMN tanggap bencana COVID-19

id semen gresik,satgas bumn,rembang,covid-19

Peresmian Posko Satgas BUMN Tanggap Bencana Nasional Penanggulangan COVID-19 penanggung jawab tanggap bencana Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, Rabu (22/4/2020).  (ANTARA/HO-Humas PT Semen Gresik)

Rembang (ANTARA) - PT Semen Gresik ditunjuk sebagai koordinator satuan tugas BUMN tanggap bencana nasional penanggulangan virus corona atau COVID-19 di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, yang bertugas mengkoordinir BUMN di wilayah itu untuk mendukung upaya percepatan penanganan COVID-19.

Perusahaan pelat merah tersebut juga meresmikan Posko Satgas BUMN Tanggap Bencana Nasional Penanggulangan COVID-19 penanggung jawab tanggap bencana Kabupaten Rembang, yang dihadiri Bupati Rembang Abdul Hafidz beserta jajaran, Ketua Posko Satgas BUMN Tanggap Bencana Nasional Penanggulangan COVID-19 Provinsi Jateng Muchammad Supriyadi, jajaran Direksi PT Semen Gresik, Sekda Rembang Subakti, dan Kepala BPBD Rembang Budi Asmara, Rabu.

Direktur Utama PT Semen Gresik Mukhamad Saifudin di Rembang, Rabu, mengatakan sebelum peresmian Posko Tanggap Bencana BUMN wilayah Rembang ini, perseroan sudah aktif bergerak dalam upaya penanganan COVID-19.

Baca juga: Satgas COVID-19 BUMN bantu cairan disinfektan tempat ibadah di Gresik

Bentuk kegiatannya, lanjut dia, mulai dari penyemprotan disinfektan di ruas-ruas jalan di Kabupaten Rembang hingga bantuan tenda pemeriksaan COVID-19 di kawasan perbatasan Rembang.

"Hingga pertengahan April 2020, total bantuan penanggulangan COVID-19 yang dikucurkan Semen Gresik lebih dari Rp1,5 miliar," ujarnya.

Ia berharap kehadiran Posko Satgas Bencana BUMN tersebut mampu berkontribusi nyata mendorong percepatan penanggulangan COVID-19 di Rembang.

Pembentukan posko tingkat kabupaten yang dikoordinatori Semen Gresik ini merupakan langkah lanjutan setelah Kementerian BUMN membentuk satgas di gugus tugas wilayah Jateng yang diharapkan bisa lebih memperkuat berbagai upaya penanganan COVID-19 di daerah.

Baca juga: Satgas Bencana BUMN Jambi serahkan bantuan untuk penanganan COVID-19

"Semangat BUMN hadir untuk Indonesia kami hadirkan lewat posko tanggap bencana ini," ujarnya.

Sekretariat Posko Satgas BUMN Tanggap Bencana Nasional Penanggulangan COVID-19 berlokasi di Kampus Akademi Semen Indonesia (AKSI) Rembang.

Satgas yang diketuai Kepala Departemen Komunikasi dan Hukum PT Semen Gresik Gatot Mardiana ini membawahi BUMN wilayah Rembang, meliputi PT PLN (Persero), Perhutani, Telkom, Bank Mandiri, BRI, BNI, BTN, Bulog, Permodalan Nasional Mandiri (PNM), Jamkrindo, Pertamina, Pegadaian, dan Taspen.

Berbagai bantuan yang dihimpun Satgas Bencana BUMN ini disalurkan kepada tiga sasaran utama, yakni masker kain serta wastafel portabel untuk cuci tangan diprioritaskan untuk warga, sedangkan untuk puskesmas bantuan berupa alat pelindung diri yang dapat digunakan lagi.

Baca juga: Petrokimia Gresik beri APD ke Satgas COVID-19 BUMN Jatim

Khusus untuk rumah sakit rujukan COVID-19 di Rembang mendapatkan APD sekali pakai, vitamin, obat, dan masker medis.

Sementara itu, Bupati Rembang Abdul Hafidz mengapresiasi bantuan APD dan logistik untuk percepatan penanggulangan COVID-19 ini, mengingat tren kasus COVID-19 di Rembang cenderung naik.

Berdasarkan data, tercatat ada 525 orang dalam pengawasan (ODP), 43 pasien dalam pengawasan (PDP), dan tiga warga Rembang yang positif COVID-19.

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar