Pertamina sumbang ratusan APD dan elpiji untuk tenaga medis Riau

id pertamina, Satgas BUMN Riau,SAtgas BUMN Peduli,corona riau

PT Pertamina (Persero) Retail Riau yang tergabung  dalam  Satgas BUMN Peduli Penanganan Covid-19 Provinsi Riau secara simbolis menyerahkan bantuan 650 unit Alat Pelindung Diri (APD), 150 liter hand sanitizer dan 10 tabung LPG ukuran 50 kg kepada Pemerintah Provinsi Riau dan Rumah Sakit setempat, Pekanbaru, Selasa (14/4/2020) ANTARA/HO-Satgas BUMN

Pekanbaru (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) Retail Riau yang tergabung dalam Satgas BUMN Peduli Penanganan COVID-19 Provinsi Riau menyerahkan donasi 650 unit alat pelindung diri (APD), 150 liter cairan penyeteril tangan dan 10 tabung elpiji ukuran 50 kilogram untuk membantu tenaga medis dan rumah sakit di daerah itu.

Perusahaan BUMN tersebut menyerahkan donasi langsung kepada Gubernur Riau Syamuar yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Riau di Gedung Daerah, Pekanbaru, Selasa.

Baca juga: IDI anjurkan bantuan baju hazmat dari masyarakat sesuai standar

"Peralatan medis dan APD ini kami berikan untuk petugas yang menangani pasien COVID-19. Semoga dapat membantu para garda terdepan dalam merawat pasien agar tidak tertular dalam penanganannya," kata Sales Manager PT Pertamina (Persero) Retail Riau sekaligus Pembina Tim SATGAS BUMN Peduli Penanganan COVID-19 Provinsi Riau Henry Eko.

Penyerahan bantuan ini dihadiri Gubernur Riau Syamsuar, Sales Manager PT Pertamina (Persero) Retail Riau Henry Eko, Rektor Universitas Riau Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA, perwakilan dari Rumah Sakit Universitas Riau, drg Sumiarti, Direktur RSUD Petala Bumi dan Perwakilan dari Koordinator SATGAS BUMN Peduli Penanganan COVID-19 Provinsi Riau.

Baca juga: Kemensos terus salurkan bantuan sosial bagi warga DKI sejak 7 April

Kata Henry Eko, bantuan peralatan medis dan APD dengan total nilai sebesar Rp300 juta ini diserahkan langsung ke Gubri Syamsuar yang mewakili Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Riau, Rumah Sakit Umum Daerah Petala Bumi dan Rumah Sakit Universitas Riau.

"Ini bantuan tahap awal, nantinya juga akan ada bantuan bagi para relawan COVID-19," katanya.

Sinergi BUMN untuk penanganan COVID-19 di Riau.

Baca juga: 53.546 KK di Bekasi terima jaring pengaman sosial

Sementara itu Gubernur Riau Syamsuar mengucapkan terimakasih kepada Pertamina yang sudah memberikan bantuan APD yang sangat dibutuhkan sekarang, karena kekurangan hingga ke Puskesmas.

"Atas nama Pemerintah Provinsi Riau dan Gugus Tugas penanganan COVID-19 Provinsi Riau, kami berterima kasih kepada Pertamina dan Tim Satgas BUMN Peduli Penanganan COVID-19 Provinsi Riau atas bantuan yang diberikan. Segera kami akan mendistribusikan kepada rumah sakit yang menjadi rujukan," kata Syamsuar.

Sementara itu Daru Tri Tjahjono selaku General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Riau dan Kepulauan Riau sekaligus Koordinator Tim Satgas BUMN Peduli Penanganan COVID-19 Riau mengatakan pemberian bantuan peralatan medis dan APD ini sejalan dengan program dari Kementerian BUMN.

Kementerian menugaskan BUMN di daerah untuk membentuk Tim Satgas BUMN Peduli Penanganan COVID-19.

"Saat ini BUMN akan difokuskan dalam penyediaan alat kesehatan kepada rumah sakit dan Puskesmas, agar petugas garda terdepan tidak takut dan lebih aman dalam memeriksa pasien terduga COVID-19," ujarnya.

Pewarta : Vera Lusiana
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar