Cegah COVID-19, upacara HUT TNI AU terapkan "phyisical distancing"

id COVID-19, upacara, HUT TNI AU, physical distancing,penanganan corona,virus corona,corona,covid-19,2019-ncov,novel coronavirus 2019

Ilustrasi - Pesawat tempur F-16 Fighting Falcon milik TNI Angkatan Udara Republik Indonesia. ANTARA FOTO/Siswowidodo/aa.

Jakarta (ANTARA) - Upacara peringatan HUT Ke-74 TNI Angkatan Udara yang akan digelar secara sederhana di Mabes TNI AU Cilangkap, Jakarta Timur, pada Kamis (9/4) menerapkan physical distancing atau jaga jarak untuk mencegah penyebaran COVID-19.

"Tidak banyak yang akan ikut upacara karena setiap peserta upacara dikasih jarak sekitar 1,5 meter," kata Kepala Subdinas Penerangan Umum Dispenau Kolonel (Sus) Muhammad Yuris ketika dikonfirmasi di Jakarta, Rabu.

Upacara yang digelar sederhana itu akan dipimpin oleh Kepala Staf TNI AU (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna. Para perwira tinggi TNI AU, para perwira menengah hingga pangkat tamtama akan ikut dalam upacara tersebut.

Baca juga: Peringatan HUT Ke-74 TNI-AU digelar sederhana di tengah wabah COVID-19

"Besok KSAU hanya membacakan amanat dalam upacara kecil," ucap Yuris.

Menurut dia, dalam HUT kali ini banyak kegiatan harus dibatalkan lantaran pandemik COVID-19. "Banyak kegiatan (dibatalkan), terutama kegiatan yang melibatkan banyak orang," ujarnya.

Kegiatan peringatan HUT TNI AU yang biasanya digelar dengan upacara besar seperti atraksi pesawat dan mengundang banyak orang, kegiatan donor darah, perlombaan bagi prajurit TNI AU seperti tahun-tahun sebelumnya terpaksa harus dibatalkan.

"Kita tidak ingin mengundang banyak orang di tengah wabah COVID-19. Hal ini dilakukan untuk menekan penyebaran COVID-19," ujar Yuris.

Baca juga: HUT TNI AU momen tingkatkan pengabdian

Namun demikian, dalam peringatan hari jadinya, tambah dia, TNI AU memberikan santunan ke panti asuhan berupa sembako dan memberikan alat kesehatan kepada petugas medis, seperti alat pelindung diri (APD) dan cairan disinfektan.

Pewarta : Syaiful Hakim
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar