Calhaj asal Kalsel yang berhak untuk berangkat pada tahun ini 3.818 orang, dengan rincian porsi jamaah haji 3.786 orang dan porsi petugas haji daerah 32 orang.
Banjarmasin (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan H Noor Fahmi mengungkapkan, sudah ada 2.441 orang calon jamaah haji asal provinsi itu yang sudah melunasi biaya perjalanan ibadah haji (Bipih) tahun 2020.

Pelunasan Bipih atau Biaya Pelaksanaan Ibadah Haji (BPIH) tahun 2020 pada tahap pertama dibuka dari 19 Maret hingga 17 April 2020, ujarnya di Banjarbaru, Sabtu.

Calhaj asal Kalsel yang berhak untuk berangkat pada tahun ini 3.818 orang, dengan rincian porsi jamaah haji  3.786 orang dan porsi petugas haji daerah 32 orang.

Ketentuan biaya pada Embarkasi Banjarmasin, ucap Noor Fahmi, untuk jamaah haji reguler sebesar Rp36.927.602 dan petugas haji daerah sebesar Rp70.866.168.
Baca juga: Kemenag perpanjang waktu pelunasan haji selama wabah COVID-19

"Sementara ini atau hingga 3 Maret 2020, masih ditunggu melunasi sebanyak 1.377 orang Calhaj lagi," ujarnya.

Disampaikan Noor Fahmi, bahwa pada pelunasan tahap pertama ini ada porsi bagi Calhaj lanjut usia (Lansia), yakni, sebanyak 38 orang, namun baru lima yang melunasi.

"Moga 33 orangnya dapat berangkat tahun ini," paparnya.

Sementara itu, Kabid pengelolaan haji dan umrah Kanwil Kemenag Kalsel H Matnor mengatakan, bagi Calhaj yang sudah melunasi, maka dukomen semuanya diproses sesuai dengan prosedur yang berlaku.
Baca juga: Wamenag sebut rencana pemangkasan uang saku jamaah haji masih dibahas

Dilanjutkan dia, terkait virus Corona atau COVID-19 yang kini merebak di dunia, hingga pemerintah Kerajaan Arab Saudi menghentikan sementara ibadah umrah, untuk haji belum ada ditetapkan.

"Dari Arab Saudi belum ada berita atau surat resmi untuk penundaan pelaksanaan Ibadah Haji tatun 1441 H ini," terangnya.

Karena itulah, ujar Matnor, semua proses untuk persiapannya tetap berjalan sebagaimana mestinya.

"Kita berdoa bersama, moga tidak ada kendala, wabah virus Corona segera berlalu, ibadah haji lancar tahun ini," ujarnya.
Baca juga: Biaya haji 2020 ditetapkan Rp35,2 juta

Pewarta: Sukarli
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2020