Erupsi Gunung Merapi tidak berdampak pada tiga bandara

id gunung merapai erupsi,angkasa pura i

Seorang warga mengabadikan saat terjadi erupsi Gunung Merapi dari Desa Jrakah Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali, Jumat (27/3/2020). (ANTARA/Bambang Dwi Marwoto)

Jakarta (ANTARA) - Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Bandara Adi Soemarmo Solo, dan Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulon Progo yang dikelola PT Angkasa Pura I (Persero) tetap beroperasi normal setelah erupsi Gunung Merapi yang terjadi sekitar pukul 10.47 WIB.

Hasil paper test yang dilakukan di area sisi udara pada pukul 13.00-13.46 WIB tidak ada debu vulkanik di ruang udara Bandara Adisutjipto Yogyakarta. Begitu pula di Bandara Adi Soemarmo Solo dan YIA di Kulon Progo.

"Kegiatan operasional 3 bandara di Yogyakarta dan Solo saat ini masih berjalan normal. Berdasarkan hasil paper test tidak ditemukan atau negatif volcanic ash, baik di ruang udara Bandara Adisutjipto, Bandara Adi Soemarmo, maupun YIA sehingga dipastikan aman untuk operasional penerbangan," kata Vice President Corporate Secretary PT Angkasa Pura I (Persero) Handy Heryudhitiawan dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Berdasarkan informasi Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), aktivitas Gunung Merapi menunjukkan amplitudo 75 mm dengan kolom asap mencapai 5.000 meter dengan arah angin mengarah ke barat daya. Saat ini Gunung Merapi berada pada Level II atau waspada.

"Kami akan terus berkoordinasi dengan stakeholder bandara dan memantau lebih lanjut dampak perkembangan pergerakan debu vulkanik Gunung Merapi terhadap operasional bandara yang kami kelola," tambah Handy Heryudhitiawan.

Baca juga: BPPTKG sebut letusan Gunung Merapi pada Jumat minim gejala awal
Baca juga: Gunung Merapi meletus dengan tinggi kolom asap 5.000 meter


Untuk informasi perkembangan kondisi terkini kegiatan operasional Bandara Adisutjipto, Bandara Adi Soemarmo, dan YIA, penumpang dapat menghubungi call center PT Angkasa Pura I (Persero) di nomor 172.

Angkasa Pura I mengelola 15 bandara, yaitu Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, Bandara Frans Kaisiepo Biak, Bandara Sam Ratulangi Manado, serta Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin.

Selain itu juga Bandara Ahmad Yani Semarang, Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo, Bandara Adi Soemarmo Surakarta, Bandara Internasional Lombok Praya, Bandara Pattimura Ambon, Bandara El Tari Kupang, dan Bandara Sentani Jayapura.
 

Pewarta : Ahmad Wijaya
Editor: Royke Sinaga
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar