Tim SAR temukan korban tenggelam di Sungai Wewer Purworejo

id Basarnas cilacap, sungai wewer

Tim SAR gabungan membawa jenazah Suni (57) menuju rumah duka, Desa Nambangan RT 03 RW 03, Kecamatan Grabag, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Sabtu (29/2/2020), setelah ditemukan mengambang di Sungai Wewer. ANTARA/HO-KPP Cilacap

Cilacap (ANTARA) - Tim SAR gabungan berhasil menemukan korban tenggelam di Sungai Wewer, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Cilacap I Nyoman Sidakarya.

"Korban atas nama Suni (57) ditemukan dalam kondisi meninggal dunia oleh tim SAR gabungan pada pukul 09.05 WIB saat melakukan pencarian dari lokasi kejadian ke arah hilir sungai lebih kurang sejauh 2 kilometer, tepatnya di Desa Kertojayan, Kecamatan Grabag, Purworejo," katanya di Cilacap, Sabtu.

Baca juga: Basarnas: Korban tenggelam di Pantai Kali Empat masih dalam pencarian

Ia mengatakan jenazah Suni yang ditemukan dalam kondisi mengambang itu langsung dievakuasi oleh tim SAR gabungan dengan menggunakan perahu karet

Selanjutnya, kata dia, jenazah Suni dibawa ke rumah duka, Desa Nambangan RT 03 RW 03, Kecamatan Grabag, Purworejo, untuk dimakamkan.

"Dengan ditemukannya jenazah Ibu Suni, operasi SAR di Sungai Wewer dinyatakan ditutup dan seluruh potensi SAR yang terlibat tèlah kembali ke pangkalan masing-masing," katanya.

Baca juga: Basarnas Cilacap perluas radius pencarian korban tenggelam

Selain Basarnas KPP Cilacap, kata dia, operasi SAR tersebut juga melibatkañ personel Basarnas KPP Yogyakarta, Polsek Grabag, Koramil Grabag, BPBD Kabupaten Kebumen, BPBD Kabupaten Purworejo, RAPI, Code X, SAR Lintas Batas, Granat Rescue, SAR MTA, dan potensi SAR lainnya serta dibantu masyarakat sekitar.

Seperti diwartakan, seorang perempuan tua bernama Suni (57), warga Desa Nambangan RT 03 RW 03, Kecamatan Grabag, Purworejo, dilaporkan hilang sejak hari Kamis (27/2).

Baca juga: Basarnas lanjutkan pencarian korban tenggelam di pantai Nusakambangan

Korban yang tidak terlihat pulang ke rumahnya pada Kamis (27/2) sore itu diduga tenggelam di Sungai Wewer.

Dugaan tersebut muncul karena salah seorang warga mengaku sempat bertemu dengan Suni di persimpangan jalan yang berada di tepi Sungai Wewer pada hari Kamis (27/2), sekitar pukul 12.00 WIB, saat korban yang kesehariannya menjadi buruh tani itu baru pulang dari ladang.

Oleh karena itu, keluarga korban segera melaporkannya ke perangkat desa setempat yang diteruskan ke Polsek Grabag dan instansi terkait lainnya termasuk Basarnas KPP Cilacap.

Pewarta : Sumarwoto
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar