Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat (Sekjen DPP) Partai Gerindra Ahmad Muzani mengingatkan agar partai memajukan orang-orang pilihan terbaik di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumatera Barat (Sumbar).

“Kita harus mencalonkan orang-orang terbaik di Sumatera Barat. Tidak boleh sembarangan untuk mencalonkan, karena masyarakat di sini adalah masyarakat agamais dan kritis,” kata Muzani berdasarkan rilis yang diterima ANTARA di Jakarta, Minggu (16/2).

Baca juga: Ahmad Muzani sebut peluang Nasrul Abit diusung Gerindra besar

Baca juga: Gerindra Sumbar panaskan mesin partai jelang Pilkada


Pernyataan itu disampaikan Muzani dalam rangka Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Partai Gerindra di Sumatera Barat.

Wakil Ketua MPR RI itu pun mengingatkan bahwa calon kepala daerah yang dicalonkan di Sumbar adalah calon kepala daerah yang mampu mengurus rakyat miskin di daerah itu sehingga membuat rakyat tersenyum.

”Kepala daerah itu tugasnya adalah hanya untuk mengurusi orang miskin. Kalau orang kaya dan berduit, bisa mengurus diri sendiri,” kata Muzani.

Karena itu, menurut dia, kemampuan membuat rakyat miskin menjadi sehat, pintar dan kaya adalah yang paling penting.

Muzani mengibaratkan Sumatera Barat sebagai halaman depan Partai Gerindra. Karena Sumbar menjadi salah satu daerah pemilihan yang menyelamatkan muka Gerindra dalam Pileg maupun Pilpres 2019 lalu.

Baca juga: Gerindra tunjuk Muzani sebagai Ketua Fraksi gantikan Edhy Prabowo

Partai Gerindra memperoleh kenaikan suara yang signifikan di Sumatera Barat pada Pemilihan Umum tahun 2019 jika dibandingkan Pemilihan Umum tahun 2014.

Ia ingin partai Gerindra di Sumbar mampu menjadikan rakyat teman di kala senang dan susah agar semua kepercayaan besar masyarakat ranah Minang pada partai Gerindra tidak sia-sia.

”Partai Gerindra menguasai 11 Kabupaten/Kota di Sumatera Barat. Dulu hanya dua kursi di DPR-RI, sekarang ada tiga. Sumatera Barat salah satu yang menyelamatkan muka Gerindra. Ini tak bisa disia-siakan. Senang dan susah bersama rakyat, tak ada alasan untuk meninggalkan dan menjauhkan masyarakat,” kata Muzani.

Sementara itu. Ketua DPD Partai Gerindra Sumatera Barat, Andre Rosiade mengatakan bahwa seluruh kader dan mesin partai bekerja untuk menjadikan Gerindra sebagai partai yang besar di Sumbar.

”Dengan kerja nyata, kerja keras dan kerja tuntas serta ikhlas, Partai Gerindra akan tetap menjadi partai yang besar di Sumatera Barat,” kata Andre.

”Anggota DPRD yang ada di Fraksi Partai Gerindra se-Sumatera Barat diminta menyiapkan lima titik untuk mendukung kepala daerah. Kami juga mewajibkan untuk seluruh kader Gerindra Sumatera Barat untuk melaporkan aktivitas di media, minimal sekali seminggu, agar masyarakat mengetahui apa yang dilakukan partai,” kata anggota Komisi VI DPR-RI itu.

Ketua Pelaksana Rakorda Gerindra, Hidayat melaporkan bahwa ada 500 orang peserta yang datang dari berbagai daerah di Sumatera Barat. Mereka akan merumuskan langkah-langkah yang akan dilakukan untuk menunaikan kehendak dan aspirasi masyarakat Sumatera Barat.

Baca juga: Sumbar manfaatkan teknologi pantau Pilkada 2020

Baca juga: Aldi Taher datangi KPU Sumbar berkonsultasi pendaftaran Pilkada 2020

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2020