Semua materi persyaratan mengikuti lomba ini dapat diunduh melalui tautan bit.ly/materiExpo.
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah membuka lomba desain logo dan maskot yang akan dipakai di Paviliun Indonesia dalam ajang World Expo 2020 di Dubai, Uni Emirat Arab yang diselenggarakan tanggal 20 Oktober 2020 sampai 20 April 2021.

"Kami mengajak kalangan akademisi, desainer profesional dan lainnya untuk mengikuti lomba ini," kata Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan RI Dody Edward yang juga Commisioner General Pavilliun Indonesia dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Dody mengatakan logo Paviliun Indonesia ini akan dipakai sebagai identitas komunikasi tercetak maupun digital oleh panitia kepesertaan Indonesia di Expo 2020 Dubai.

Sementara, maskot dalam bentuk karakter 2D dan 3D akan tampil di berbagai bentuk media yang mewakili Pavilliun Indonesia. Maskot terpilih juga akan digunakan untuk berbagai materi promosi, seperti t-shirt, merchandise, mug, dan boneka.

“Kami berharap maskot dan logo terpilih bisa menggambarkan wajah Indonesia dalam keragaman, baik budaya maupun alamnya, menggambarkan Indonesia masa kini, dan merefleksikan gagasan masa depan,” ujar Zen Fuad Noor, Direktur Operasional PT Samudra Dyan Praga, perusahaan pelaksana dan pengelola Pavilliun Indonesia di Expo 2020 Dubai.

Baca juga: Paviliun Indonesia WEF 2020 jadi ajang perkenalkan peluang investasi

Pada Expo 2020 Dubai ini, Pavilliun Indonesia akan menempati area seluas 1.860 meter persegi yang terletak di lokasi strategis “Opportunity District”.

Zen menambahkan kontruksi Pavilliun Indonesia di Dubai terus mengalami kemajuan setelah 'ground breaking' dilakukan pada 9 September 2019 lalu. Saat ini, tim internasional PT Wijaya Karya (WIKA) Tbk telah menyelesaikan sistem perpipaan (sparing pipe), sambungan baut angkur (anchor bolt), serta penguatan struktur bawah (tie beam), serta pembersihan lokasi untuk persiapan pengecoran. Pihak konsultan konstruksi dan WIKA juga telah menuntaskan inspeksi lokasi (site inspection).

Di sisi lain, para sponsor Pavillun Indonesia terus menyiapkan konten inovasi untuk mengisi venue. Panitia membuka keikutsertaan kepada seluruh komponen bangsa, kementerian, lembaga, pemerintah daerah maupun sektor bisnis untuk ikut serta mengisi konten.

“Partisipasi Paviliun Indonesia pada Expo 2020 Dubai sudah sesuai arahan Presiden yang meminta Kementerian, Lembaga serta Pemerintah Daerah untuk berperan aktif,” tambah Dody .

Selain dari unsur pemerintah, dari sektor bisnis beberapa perusahaan telah berkomitmen menjadi sponsor. Sampai saat ini sponsor yang telah bergabung adalah PT Astra International Tbk sebagai sponsor utama dan sponsor lainnya yaitu PT Gajah Tunggal Tbk, APRIL Group, PT Wijaya Karya (WIKA) Tbk, dan CRP Group.

Baca juga: Kemendag optimistis paviliun Indonesia sukses di Expo 2020 Dubai

World Expo adalah ajang perhelatan internasional yang setara dengan Olimpiade musim panas dan FIFA Football World Cup dan diselenggarakan setiap 5 tahun sekali sejak 1920.

Indonesia sudah sering mengikuti event ini sejak 1964 di New York. Expo ini menargetkan bisa meraih 25 juta kunjungan selama 6 bulan penyelenggaraan pentas dunia ini.

Paviliun Indonesia bertema "Transforming Future Civilization Through Innovations and Diversity”, diharapkan logo dan maskot mampu merefleksikan tema dan konsep tersebut.

Karakter maskot diharapkan yang mempunyai karakter unik dan khas Indonesia; bersifat riang, akrab, dan bisa melakukan berbagai ‘action’ yang lucu dan menarik dalam format 2D dan 3D. Sedangkan logo Pavilliun Indonesia diharapkan mampu menggambarkan abstraksi visual dari sajian tampilan Indonesia pada Expo 2020 Dubai.

Saat ini, peserta lomba logo dan maskot telah ditunjuk oleh panitia, yakni terdiri dari 24 kampus di Indonesia dan 17 desainer profesional dari Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI).

Baca juga: Persiapan Expo 2020 Dubai, pemerintah bangun Paviliun Indonesia

Pengumuman pemenang lomba

Peserta lomba dari individu maupun perwakilan kampus yang telah ditunjuk, dapat mengirim karya hingga batas akhir penerimaan karya tanggal 19 Februari 2020. Pengumuman pemenang lomba akan diumumkan pada 28 Februari 2020.

Setiap karya diharuskan dilengkapi dengan surat pernyataan yang berisi keterangan orisinalitas logo dan maskot yang ditandatangani di atas materai Rp6.000. Setiap peserta individu atau tim hanya dibolehkan mengirim 1 karya logo dan atau 1 karya maskot.

Semua materi persyaratan mengikuti lomba ini dapat diunduh melalui tautan bit.ly/materiExpo.

Karya logo dapat dikirimkan melalui tautan http://bit.ly/logo2020expo sedang karya maskot dikirimkan melalui tautan http://bit.ly/2020maskotexpo. Penilaian pemenang lomba akan ditentukan dari kesesuaian antara logo dan maskot dengan tema Pavilliun Indonesia dan tema Expo 2020 Dubai, orisinalitas ide, dan estetika karya.

Baca juga: Kenalkan destinasi lain, Indonesia kurangi Bali dalam Travex 2020

Lomba akan berlangsung dalam 2 tahap. Pada tahap pertama, dewan juri akan memilih dan menetapkan 5 karya terbaik logo dan 5 karya terbaik maskot menjadi nominasi pemenang lomba. Di tahap kedua, perancang 5 desain logo terbaik dan 5 desain maskot terbaik akan diundang ke Jakarta untuk presentasi di depan dewan juri dan Commisioner General Pavilliun Indonesia.

Selanjutnya, akan dipilih 1 pemenang logo dan 1 pemenang maskot. Sebagai hadiah lomba, lima nominator logo terbaik dan lima nominator maskot terbaik akan mendapat hadiah uang masing-masing Rp5 juta dan biaya akomodasi selama proses presentasi berlangsung.

Sementara, hadiah utama diberikan kepada satu pemenang utama logo dan satu pemenang utama maskot berupa hadiah masing-masing Rp 50 juta serta diundang hadir pada saat National Day pada tanggal 9 Januari 2021 untuk mengunjungi Pavilliun Indonesia di Expo 2020 Dubai.
 

Indonesia bidik pariwisata dan investasi di Dubai Expo 2020

Pewarta: Ganet Dirgantara
Editor: Rolex Malaha
Copyright © ANTARA 2020