masyarakat menahan diri ke luar negeri
Batam (ANTARA) - Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengimbau warganya untuk menunda perjalanan ke luar negeri, demi mengantisipasi penularan virus corona 2019-nCoV.

"Saya anjurkan sementara waktu, agar masyarakat menahan diri ke luar negeri, sampai situasi, kondisi aman buat kita," katanya di Batam, Kepulauan Riau, Minggu.

Tidak hanya Singapura dan Malaysia yang relatif dekat dari Batam, dan tujuan utama masyarakat kota itu berpergian, Wali Kota mengimbau tidak ke luar negeri, secara keseluruhan.

Baca juga: Pariwisata Batam masih normal di tengah ancaman virus corona

Selain karena penyebaran virus, ia mengatakan bila bepergian pada saat ini, maka saat kembali ke Batam, masyarakat harus melalui prosedur pemeriksaan yang ketat.

"Akan menjadi catatan khusus, pemeriksaannya akan lain," kata dia.

Dalam pertemuan dengan Himpunan Masyarakat Karimun, Wali Kota juga mengimbau masyarakat tidak berkegiatan di tempat tertutup dengan pendingin udara.

Menurut dia, virus hidup di suhu udara dingin. Apalagi, di ruangan tertutup yang sirkulasi udaranya sedikit, maka dikhawatirkan virus mudah menyebar.

"Hindari kegiatan di ruang tertutup yang menggunakan pendingin udara," kata dia.

Lebih lanjut, ia mengatakan, virus akan mati pada suhu panas, sinar matahari pagi. "Bukan panas karena dimasak. Olahraga juga bisa matikan virus dalam tubuh."

Karenanya, ia mengajak masyarakat untuk rajin berolahraga dan menjaga kebersihan. "Kalau stamina kuat virus akan mati." 

Baca juga: ABK dikarantina terkait Virus Corona di Batam

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020