327 kuda ikut lomba pacuan kuda tradisional di Bener Meriah

id Aceh,Bener Meriah,Pemprov Aceh,Pacuan Kuda,Banda Aceh,Pemerintah Aceh,Plt Gubernur Aceh,Wisatawan

Peserta mempersiapkan kuda pacu untuk berlaga di Lapangan Sengeda, Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh, Senin (27/1/2020). ANTARA/Kurnia Muhadi/am.

Banda Aceh (ANTARA) - Sebanyak 327 ekor kuda pacu dari lima kabupaten di Provinsi Aceh ikut memeriahkan perlombaan pacuan kuda tradisional di Lapangan Sengeda Kabupaten Bener Meriah, dalam upaya meningkatkan kunjungan wisata.

Ketua Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PORDASI) Bener Meriah Zaidan mengatakan kuda-kuda pacu yang ikut berlaga pada ajang tersebut berasal dari Kabupaten Aceh Tengah, Gayo Lues, Aceh Tenggara, Aceh Besar, dan Bener Meriah.

"Dari Aceh Tengah sebanyak 127 ekor kuda, Bener Meriah 126 ekor, Gayo Lues 65 ekor, Aceh Tenggara sembilan ekor, dan Aceh Besar dua ekor," katanya di sela-sela pembukaan lomba pacuan kuda di Bener Meriah, Senin.

Baca juga: Upaya Dataran Tinggi di Aceh Gaet Wisatawan Lewat Pacuan Kuda

Perlombaan itu dibuka langsung oleh Bupati Bener Meriah Sarkawi, yang akan berlangsung hingga 2 Februari 2020 mendatang. Kata dia, kegiatan itu dalam serangkaian Gayo Alas Mountain International Festivifal (GAMIFest).

"Kegiatan GAMIFest ini adalah inisiasi oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) dengan melibatkan empat kabupaten di dataran tinggi Gayo, ini tahun ketiga untuk pelaksanaan GAMIFest," katanya.

Ia menambahkan bahwa pelaksanaan pacuan kuda di daerah itu dalam rangka menggaet wisatawan, dan akan berlangsung sebanyak dua kali. Kata dia, biasanya Pemkab hanya menggelar sekali saat peringatan ulang tahun Bener Meriah, saban Januari.

Namun, tambah dia, lomba pacuan kuda dalam rangka memeriahkan hari jadi kabupaten tersebut akan digelar pada Desember 2020 mendatang. "Event ini kita harapkan akan mendorong perkembangan dan kemajuan pariwisata di Kabupaten Bener Meriah," ujarnya.

Baca juga: Aceh Tengah terus benahi venue pacuan kuda sukseskan PON

Pewarta : Khalis Surry
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar