Medan (ANTARA) - Sekelompok orang diduga melakukan penyerangan di Masjid Al Amin, Jalan Belibis, Kelurahan Tegal Sari Mandala II, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Jumat (24/1) malam. Akibat peristiwa tersebut, sejumlah fasilitas masjid rusak.

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Jhonny Edison Isir saat dijumpai ANTARA di lokasi, mengatakan penyerangan tidak hanya masjid saja, melainkan menyasar ke rumah-rumah warga setempat.

Bahkan kata Jhony, dalam peristiwa penyerangan ini juga memakan korban.

"Ada beberapa rumah warga yang kena, ada juga korban yang terkena batu, ada tempat ibadah yang terkena batu. Tapi perlu saya tegaskan di sini bukan tempat ibadah yang menjadi sasaran," katanya, Sabtu dini hari.
 
Sejumlah warga memadati halaman Masjid Al Amin, Jalan Belibis, Kelurahan Tegal Sari Mandala II, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sabtu dini hari. (ANTARA/Nur Aprilliana Br Sitorus)
Ia menjelaskan, peristiwa penyerangan ini merupakan buntut dari penertiban warung tuak yang dilakukan petugas Satpol PP pada Jumat siang.

Dari penertiban tersebut, kemudian menimbulkan pro dan kontra antar masyarakat setempat. Kemudian sekelompok warga melakukan penyerangan ke masjid dan sejumlah rumah warga.

"Kita coba melihat dan mendudukkan, akarnya ada dimana. Sejauh ini informasi yang kita dapat, ini residu-residu dampak dan akses dari proses penertiban warung tuak. Ada residu di situ. Mungkin pro kontra, kemudian ada kelompok yang pro dan kelompok yang kontra. Melakukan perlawanan dan lempar-lempar batu," katanya.

Pantauan ANTARA di lokasi, hingga saat ini sejumlah pihak kepolisian tampak melakukan penjagaan di seputar lokasi masjid.

Baca juga: Polisi: Sekelompok orang serang masjid di Sumut

Baca juga: Polisi selidiki kasus penyerangan masjid di Medan

Baca juga: Sekelompok orang serang Masjid di Kota Medan

 

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2020