Ada beberapa bagian di terminal yang harus disempurnakan demi peningkatan pelayanan dan keamanan bagi pengguna jasa bandara
Kupang (ANTARA) - PT Angkasa Pura I Bandara El Tari Kupang menyatakan hingga saat ini terminal penumpang baru di bandara itu masih dalam penyempurnaan dan baru akan selesai seluruhnya pada Februari 2020.

"Ada beberapa bagian di terminal yang harus disempurnakan demi peningkatan pelayanan dan keamanan bagi pengguna jasa bandara," kata General Manajer PT Angkasa Pura I Bandara El Tari Kupang Barata S R kepada wartawan di Kupang, Senin.

Hal ini disampaikannya berkaitan dengan progres pembangunan terminal Bandara El Tari Kupang yang hingga saat ini baru mencapai 83-an persen, jauh dari target awal yang menyatakan akan selesai pada Desember 2019.

Barata mengatakan bahwa saat ini yang sedang dipasang adalah dua garbarata yang nantinya langsung menghubungkan penumpang dari ruang tunggu ke pesawat, dan pemasangan eskalator menuju ke lantai dua terminal bandara itu.

Baca juga: Dua unit garbarata tiba di Bandara El Tari

Ia beralasan bahwa peresmian terminal baru bandara itu belum bisa dilakukan secara serentak, karena belum semuanya dibangun dan siap untuk digunakan.

"Oleh karena itu, untuk sementara kita lakukan peresmian sebagian dulu atau parsial nanti baru ditargetkan pada Februari 2020 baru semuanya akan resmi bisa digunakan," tambah dia.

Sehingga, kata dia, bagian mana yang sudah siap dioperasikan akan segera dioperasikan bagi pengguna jasa salah satu bandara internasional di Pulau Timor itu.

Baca juga: Bandara Kupang perketat pemeriksaan cegah penyebaran demam babi Afrika

Lebih lanjut, katanya, saat ini pihaknya masih menunggu juga kiriman kendaraan bus apron untuk mengantar penumpang pesawat langsung ke pesawat.

"Garbarata sudah dipasang saat ini. Kalau untuk bus apron masih kita tunggu, semingga bisa segera tiba dalam waktu dekat," tambah dia.

Menurut data manajemen Bandara El Tari Kupang, jumlah penumpang yang menggunakan jasa bandara itu meningkat dari 2,8 juta menjadi tiga juta orang per tahun. Saat ini jumlah pengguna jasa yang menggunakan Bandara El Tari mencapai 5.000-6.000 penumpang per hari.

Baca juga: Pembangunan terminal baru bandara El Tari selesai sebelum HUT NTT




 

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2019