Jayapura (ANTARA) - Jajaran Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Silas Papare menyatakan pada Rabu telah memulangkan sebanyak 128 pengungsi dari Jayapura ke Wamena Kabupaten Jayawijaya.

Komandan Lanud (Danlanud) Silas Papare Marsma TNI Tri Bowo Budi Santoso, di Jayapura, Rabu, mengatakan pihaknya baru saja memberangkatkan 128 orang dengan pesawat Hercules C-130/A-1332.

"Dan hingga kini sudah terdaftar 125 orang yang rencananya akan dipulangkan ke Wamena keesokan harinya, jumlah ini masih bisa bertambah hingga besok pagi (31/10)," katanya.

Baca juga: Kapolda Papua: Pengungsi Wamena siap berdialog dengan Presiden Jokowi

Baca juga: Lanud Silas Papare pulangkan 488 pengungsi ke Wamena


Menurut Danlanud, pihaknya atas nama Panglima TNI bekerja sama dengan Kementerian Sosial hadir guna mengantar warga yang mengungsi untuk kembali ke Wamena dalam rangka melanjutkan belajar dan membangun Wamena, agar bangkit seperti sedia kala.

"Oleh sebab itu, kami berharap bapak, ibu, adik sekalian dapat menghidupkan kembali Wamena seperti sedia kala dengan semangat 'Wamena Bangkit' untuk bisa sama-sama menjaga keamanan dan ketertiban demi kemajuan bersama di Bumi Papua ini," ujarnya.

Dia menjelaskan selain itu, jumlah pengungsi dari Jayapura ke Wamena hingga Rabu (30/10) tercatat sebanyak 817 orang.

Hadir dalam kegiatan pelepasan tersebut Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial Muhammad Syafi'i Nasution, Aster Kodam XVII/Cenderawasih, Kadisops Lanud Silas Papare dan pejabat lainnya.

Sebelumnya, terjadi kerusuhan di Wamena Kabupaten Jayawijaya yang mengakibatkan ribuan orang mengungsi ke Jayapura dan wilayah sekitarnya.

Baca juga: Papua Terkini - 385 pengungsi wamena ingin kembali ke Wamena

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019