Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto ditunjuk menjadi Menteri Pertahanan untuk kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin untuk masa jabatan 2019-2024.

Nama Prabowo menjadi Menteri Pertahanan diumumkan langsung oleh Presiden Jokowi di Kompleks Istana Presiden, Rabu pagi.

Baca juga: Pengamat : Presiden rekrut Prabowo langkah strategis

Sebelumnya, Prabowo usai mendatangi Istana Negara untuk bertemu Presiden Joko Widodo pada Senin (21/10), Prabowo mengatakan dirinya dimunta untuk mengurusi terkait pertahanan.

Baca juga: Calon Menteri Jokowi, dari diplomasi kuda, naik MRT hingga Istana


Saat itu, Kehadiran Prabowo didampingi Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Edhy Prabowo. Kedatangan Prabowo ke Istana kala itu menjadi kejutan karena mantan Danjen Kopassus tersebut merupakan rival Jokowi dalam dua kali Pemilu Presiden (Pilpres) yaitu di 2014 dan 2019.

Karir Politik Prabowo

Sosok Prabowo dalam dunia politik Indonesia sudah tidak asing lagi, dimulai ketika gagal mencalonkan diri sebagai Ketua Umum Partai Golkar, anak dari Sumitro Djojohadikusumo itu lantas membentuk Partai Gerindra di tahun 2008 dan didapuk sebagai Ketua Dewan Pembina hingga saat ini.

Baca juga: Komunikonten: Prabowo masuk kabinet riuh medsos berkurang

Karir politiknya semakin melejit ketika menjadi calon wakil presiden yang maju bersama Megawati Soekarnoputri sebagai calon presiden di Pilpres 2009. Namun pasangan yang dijuluki Mega-Pro itu kalah dari pasangan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)-Boediono.

Di Pilpres 2014 dan 2019, Prabowo maju sebagai capres menghadapi Jokowi.

Di Pilpres 2014, Prabowo berpasangan dengan Hatta Radjasa, Prabowo-Hatta diusung Gerindra, Golkar, PKS, PPP, dan PAN. Sedangkan Jokowi berpasangan dengan Jusuf Kalla, yang diusung PDI Perjuangan, Partai NasDem, PKB, dan Partai Hanura.

Pilpres 2019, Prabowo berpasangan dengan Sandiaga Uno, yang diusung Partai Gerindra, PKS, Partai Demokrat, dan PAN. Sementara itu Jokowi dengan Ma'ruf Amin diusung PDIP, PKB, Partai Golkar, PPP, Partai NasDem, Partai Hanura.

Karena itu, dalam ajang Pilpres, Prabowo sudah tiga kali menjadi kontestan namun semuanya belum berhasil dimenangkannya.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2019