Kupang (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), memprakirakan beberapa wilayah di bagian barat Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), akan memasuki awal musim hujan 2019/2020.

Wilayah barat Pulau Flores yang masuk dalam zona musim (zom) 242 itu adalah, Kabupaten Manggarai Barat bagian utara, Manggarai, Manggarai Timur dan Kabupaten Ngada bagian utara, kata Kepala Stasiun Klimatologi Kelas II Kupang, Apolonaris Geru kepada ANTARA di Kupang, Selasa.

"Berdasarkan prakiraan, awal musim hujan 2019/2020 di Nusa Tenggara Timur, akan dimulai pada dasarian II Oktober hingga dasarian I November," katanya.

Sementara pada November dasarian I hingga III, ada sejumlah wilayah pada zona musim 252, 253 dan 260 juga akan memasuki awal musim hujan.

Wilayah-wilayah yang berada di tiga zona musim ini meliputi Kabupaten Ngada bagian tengah, Nagekeo bagian tengah, Ende bagian barat.

Kemudian Sumba Barat Daya dan bagian barat, Sumba Tengah bagian barat dan Sumba Tengah bagian timur, Sumba Timur bagian tengah serta Timor Tengah Selatan bagian utara, katanya.

Untuk wilayah lain di provinsi berbasis kepulauan itu, awal musim hujan baru akan terjadi pada akhir November hingga dasarian II Desember 2019.

Wilayah-wilayah itu seperti Manggarai Barat bagian barat, Manggarai Barat bagian tenggara, Manggarai bagian selatan, Manggarai Timur bagian selatan, Ngada bagian selatan dan tenggara, Nagekeo bagian selatan.

Selain Nagekeo/Ende bagian utara, Sikka bagian barat, Ende bagian selatan, Sumba Timur bagian selatan, Kota Kupang, Kupang bagian barat, Kupang bagian timur, Timor Tengah Selatan bagian barat dan 263 Timor Tengah Utara, Belu bagian utara.
 Baca juga: NTT baru masuk musim hujan pada Desember
Baca juga: NTT baru masuk musim hujan pada Desember
Baca juga: Jawa hingga NTT alami hari tanpa hujan hingga November, sebut BMKG
Baca juga: NTT alami hari tanpa hujan yang sangat panjang


 

Pewarta: Bernadus Tokan
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2019