Kemsos janji segera penuhi usulan penambahan bantuan untuk Nduga

id Kemsos, Bantuan Sosial

Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita usai mengisi Seminar Internasional "Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Praktek Pekerjaan Sosial, Prospek dan Tantangannya" di Kementerian Sosial, Jakarta, Senin (7/10/2019). (ANTARA/Katriana)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Sosial menyatakan akan segera memenuhi usulan penambahan bantuan sosial untuk daerah Nduga, Papua, yang diajukan oleh pemerintah daerah setempat menyusul konflik bersenjata yang terjadi di wilayah tersebut.

"Termasuk hari ini, ada usulan dari Pemda Nduga. Usulan dari Pemda Nduga (untuk) mendapat tambahan bantuan sosial dari Kementerian Sosial," kata Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita usai mengisi Seminar Internasional "Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Praktek Pekerjaan Sosial, Prospek dan Tantangannya" di Kementerian Sosial, Jakarta, Senin.

Ia menyatakan sudah mempelajari dan memberi persetujuan untuk menambah bantuan sosial bagi wilayah Nduga, tanpa merinci jenis bantuan yang kemungkinan dapat ditambah.

Baca juga: Kemensos minta pengungsi Nduga didata permudah penyaluran bantuan

Keputusan untuk memenuhi usulan penambahan bantuan itu disampaikan untuk menegaskan bahwa Kemensos akan terus fokus memberikan bantuan sosial terhadap semua bencana baik bencana alam ataupun bencana sosial yang terjadi di Indonesia, tanpa membeda-bedakannya.

"Semuanya fokus utama. Jadi dalam penanganan bencana entah itu bencana alam maupun bencana sosial tidak ada yang disebut fokus atau tidak fokus, semuanya penting," ujarnya.

Ia menegaskan bahwa pemerintah akan memenuhi apapun jenis bantuan yang dibutuhkan oleh masyarakat yang terkena dampak bencana.

"Tujuan pemerintah itu berapapun, apapun yang dibutuhkan masyarakat terdampak harus kita penuhi," kata dia.

Terkait anggaran untuk penambahan bantuan tersebut, ia juga tidak merincinya tetapi menegaskan bahwa Kemensos akan memberikan bantuan sesuai dengan permintaan dari pemerintah daerah setempat.

"Sesuai dengan permintaan dari Pemda untuk Papua," katanya.

Baca juga: Bantuan bagi pengungsi Nduga segera didistribusikan
Baca juga: Bantuan pengungsi Nduga segera selesai didistribusikan

Pewarta : Katriana
Editor: Masnun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar