Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Jusuf Kalla menyampaikan empat pidato di hari pertama Pertemuan Tingkat Tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) atau UN High Level Meeting dalam rangkaian acara Sidang Umum ke-74 PBB di New York, Amerika Serikat, Senin.

Dalam keterangan pers yang diterima Antara di Jakarta, Senin, Wapres JK menyampaikan pidato pada agenda The 2nd Meeting of High Level Panel for Sustainable Ocean Economy, Climate Action Summit, High Level Meeting on Universal Health Coverage: "Universal Health Coverage: Moving Together to Build a Healthier Word" dan Leaders Dialogue on Strategic Responses to Terrorist and Violent Extremist Narratives.

Wapres JK, mewakili Presiden Joko Widodo, memimpin Delegasi Indonesia di Sidang Umum ke-74 PBB dan menyampaikan pidato di hadapan ratusan pemimpin negara dengan tema “Galvanizing Multilateral Efforts for Poverty Eradication, Quality Education, Climate Action and Inclusion”.

Baca juga: Wapres JK diagendakan hadiri Sidang Umum PBB di New York
Baca juga: Indonesia akan ajukan resolusi terkait ekonomi kreatif dalam SMU PBB


Sejumlah menteri yang mendampingi Wapres JK dalam acara tahunan PBB tersebut adalah Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan Menteri Kesehatan Nila Moeloek.

Selama pemerintahan Kabinet Kerja Jokowi-JK periode 2014-2019, Wapres JK selalu hadir mewakili Presiden Jokowi di Sidang Umum Tahunan PBB.

Sidang Umum ke-74 PBB kali ini akan dihadiri oleh 100 kepala negara, tiga wakil kepala negara, 47 perdana menteri, tiga menteri, dua pimpinan delegasi dan 193 delegasi negara anggota PBB.

Di sela-sela rangkaian kegiatan Sidang Umum ke-74 PBB, Wapres juga dijadwalkan melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah kepala negara serta menghadiri undangan makan malam gala bersama Presiden AS Donald Trump di Lotte New York Palace Hotel.

Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2019