khusus difungsikan untuk tempat penitipan barang-barang keperluan melaut para nelayan
Koba, Babel, (ANTARA) - Dua unit rumah singgah yang khusus diperuntukkan bagi para nelayan dibangun Pemerintah Desa Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kepala Desa Lubuk Besar, Mardianto di Lubuk Besar, Minggu, mengatakan dana untuk pembangunan rumah singgah bagi para nelayan itu dianggarkan dari APBDes senilai Rp50 juta.

"Rumah singgah ini akan dibangun tahun ini, khusus difungsikan untuk tempat penitipan barang-barang keperluan melaut para nelayan," ujarnya.

Ia menjelaskan, selama ini para nelayan usai melaut langsung membawa pulang barang keperluan melaut mereka dan bahkan ada yang disimpan di dermaga tambatan perahu.

"Ada yang membawa pulang, ada juga yang disimpan di tempat sandar perahu sehingga rawan hilang dicuri," ujarnya.

Baca juga: Dinsos Singkawang harapkan rumah singgah untuk ODGJ

Dengan adanya rumah singgah nelayan tersebut, kata dia, peralatan melaut lebih terjamin dan terjaga dengan baik karena berada dalam rumah.

"Para nelayan tidak kesulitan lagi membawa peralatan melaut mereka, juga nanti rumah singgah bisa difungsikan sebagai rumah tunggu bagi istri dan anak para nelayan," ujarnya.

Ia mengatakan, pembangunan rumah singgah tersebut merupakan keinginan mayoritas nelayan di daerah tu yang selalu kebingungan menitipkan peralatan melaut.

"Tahun ini akan kami bangun dua unit di dermaga tambatan perahu Desa Lubuk Besar," ujarnya.

Baca juga: Pemerintah Aceh bantu rumah singgah untuk penderita bibir sumbing
Baca juga: Ridwan Kamil resmikan rumah singgah untuk pasien RSHS

Pewarta: Ahmadi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019