Bank BNI targetkan 2020 semua cabang di Aceh sudah berbasis syariah

id Berita Aceh Terkini,Aceh,Pemprov Aceh,Pemerintah Aceh,Qanun Lembaga Keuangan Syariah,2020 BNI Syariah,BNI Konvensional

Kepala Bank BNI Syariah Cabang Banda Aceh, Zul Irfan. (ANTARA/Khalis)

Banda Aceh (ANTARA) - Kepala Bank BNI Syariah Cabang Banda Aceh, Zul Irfan mengatakan pihaknya menargetkan pada 2020 semua bank BNI di daerah seluruh Aceh telah terkonversi berbasis syariah.

"Ini kita sudah lakukan di enam titik bank BNI di seluruh Aceh. Dan dalam bulan ini atau bulan depan kita akan konversi yang berikutnya di Keutapang Banda Aceh," katanya di Banda Aceh, Sabtu.

Dia menyebutkan enam titik kantor cabang BNI yang dikonversikan menjadi BNI Syariah tersebut seperti di Kuala Simpang kabupaten Aceh Tamiang, Takengon Kabupaten Aceh Tengah, Kabupaten Bener Meriah, Lhok Sukon Kabupaten Aceh Utara, Meuredu Kabupaten Pidie, serta Setui Kota Banda Aceh.

Baca juga: BNI Syariah Cabang Aceh menyiapkan SDM dukung transformasi

Hal itu dilakukan, kata dia, sesuai dengan pemberlakuan Qanun Nomor 11 tahun 2018 tentang Lembaga Keuangan Syariah (LKS), yang mengharuskan bank konvensional untuk dikonversikan menjadi bank berbasis syariah.

"Bisa kita lihat beberapa cabang utama BNI Syariah sudah ada dua tulisan bank syariah dan Bank BNI, maka dalam rangka mendukung program itu kita targetkan di 2020 semua BNI di Aceh sudah terkonversikan," katanya.

Dalam qanun tersebut seluruh lembaga keuangan berbasis syariah tidak hanya perbankan, tetapi begitu juga dengan lembaga asuransi, koperasi, pegadaian, BUMG, leasing, serta lembaga keuangan lainnya.

Menurut Zul, pengalihan lembaga keuangan berbasis syariah tersebut akan berdampak baik bagi para pelaku ekonomi di daerah berjulukan serambi mekkah tersebut, yang kental dengan pelaksanaan syariat Islam.

"Jadi semua dana pihak ketiga, semua pembiayaan di konvensional nanti Insyaallah akan terkonversikan ke syariah dan akan berimbas kepada pelaku ekonomi terutama di daerah syariat Islam seperti Aceh ini," katanya.

Baca juga: BNI Syariah Banda Aceh beri pelatihan pelaku UMKM

Pewarta : Khalis Surry
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar