Relawan ACT yang berada di sana terus memberikan pelayanan kesehatan dan pembagian masker gratis. Rencananya kami akan mengirim bantuan pangan langsung ke Riau dan Kalimantan.
Bandarlampung (ANTARA) - Lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Lampung mengajak komunitas yang ada di provinsi itu bersama-sama menggalang dana untuk saudara setanah air yang sedang terkena musibah kabut asap karena kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

"ACT akan terus mengajak seluruh elemen bangsa dan umat agar bergerak menyelamatkan masyarakat yang terpapar asap pekat di Provinsi Riau dan Pulau Kalimantan," kata Marketing Komunikasi ACT Lampung Hermawan Wahyu Saputra, di Bandarlampung, Jumat.

Ia mengatakan sejauh ini sudah ada beberapa komunitas yang langsung turun kelapangan untuk menggalang dana ini seperti Gen Millenial Produktif (GMP), Hima BKPI Tarbiyah UIN RIL, Koppi Malang Sari, Hima PAI Tarbiyah UIN RIL dan UKM-F Karim Universitas Malahayati.

Menurut dia, kabut asap yang terjadi di karena karhutla di beberapa daerah khususnya Provinsi Riau dan Kalimantan menjadi perhatian khusus oleh masyarakat Indonesia termasuk Lampung.

"Komunitas dan ACT Lampung telah bergerak melakukan penggalangan dana kemanusiaan baik itu di lapangan maupun lingkungan kampus dan ada juga yang secara daring (online)," katanya.

Mendagri minta kepala daerah tak pergi saat ada bencana



Baca juga: ACT Lampung dirikan dapur umum untuk korban kebakaran

Baca juga: ACT turut bantu padamkan api di Bengkalis


Dana yang terkumpul tersebut akan langsung disalurkan kepada relawan ACT yang berada di lokasi kabut asap.

Hermawan menilai dampak dari kabut asap tersebut sangat komplek karena mata pencarian mereka yang terganggu dan kesehatan masyarakat yang semakin menurun.

"Relawan ACT yang berada di sana terus memberikan pelayanan kesehatan dan pembagian masker gratis. Rencananya kami akan mengirim bantuan pangan langsung ke Riau dan Kalimantan," kata dia.

Dia pun mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang sudah berkenan membantu saudara terdampak kabut asap dan semoga para dermawan serta relawan tak lelah membantu sesama dalam meringankan beban mereka.*

Baca juga: Relawan ACT-MRI Sulsel bagikan masker di TPA Antang

Baca juga: ACT Sumsel bagikan masker ke pengendara kurangi risiko asap

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019