Dubes Inggris : Kerja sama Surabaya-Liverpool perlu ditingkatkan

id dubes inggris,risma,sister city

Duta Besar (Dubes) Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins melakukan pertemuan dengan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini di Balai Kota Surabaya, Selasa (27/8/2019).   (istimewa)

Surabaya (ANTARA) - Duta Besar (Dubes) Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins menyatakan hubungan kerja sama sister city antara Kota Surabaya dan Kota Liverpool perlu ditingkatkan lagi khususnya dalam bidang infrastruktur, transportasi umum, pendidikan dan beberapa bidang lainnya.

"Surabaya ini memiliki reputasi yang sangat tinggi dalam hal lingkungan. Karenanya, ke depan mungkin bisa saling bekerja sama dalam bidang infrastruktur, transportasi umum, pendidikan dan beberapa bidang lain," kata Owen Jenkins saat melakukan pertemuan dengan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini di Balai Kota Surabaya, Selasa.

Owen Jenkins mengaku kunjungan di Surabaya ini merupakan yang pertama setelah resmi dilantik jadi Dubes di Jakarta beberapa waktu lalu. Ia pun mengaku senang dengan kunjungan pertamanya itu.

"Saya pikir hubungan Surabaya dan Jawa Timur sudah terjalin sangat kuat dan sangat potensial untuk melakukan sesuatu yang lebih," kata Owen.

Menurutnya, berdiskusi dengan Wali Kota Risma tentang hubungan sister city yang luar biasa antara Surabaya dan Liverpool, mulai dari edukasi, infrastruktur, dan anak-anak yang luar biasa yang sudah tampil saat penyambutannya.

"Satu-satunya masalah dari hubungan ini (Surabaya dan Kedubes Inggris) adalah tim sepak bola jagoan saya itu Arsenal. Dan Arsenal kalah dari Liverpool 3-1. Jadi saya sebenarnya merasa tidak seberapa enak dengan Liverpool kali ini. Tapi Surabaya punya hubungan yang kuat dengan Liverpool," kata Owen sambil tertawa.

Ia juga menambahkan bahwa ke depannya ingin menjalin hubungan yang lebih kuat dengan Indonesia, terutama dengan Surabaya. Sebab, Surabaya sangat konsen dalam keberlangsungan lingkungannya.

Sementara itu, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan tidak ada yang spesial dalam pembicaraan antara dirinya dengan Dubes yang baru itu. Menurutnya, Owen yang menggantikan Moazzam Malik itu hanya ingin bertemu dirinya dan anak-anak Surabaya yang pernah menempuh pendidikan di Liverpool.

"Tidak ada yang spesial tadi, hanya beliau kan baru menggantikan Pak Moazzam. Dia juga ingin bertemu dengan anak-anak juga, makanya kami datangkan semuanya," katanya.

Seusai bertemu Wali Kota Risma, Dubes Inggris dan jajarannya ini langsung bertemu dengan anak-anak yang sudah pernah mengenyam pendidikan di Liverpool berkat adanya sister city. Setidaknya, sudah dua tahap Wali Kota Risma mengirimkan anak-anak Surabaya untuk belajar di Liverpool.

Pada tahap pertama, Wali Kota Risma mengirimkan anak-anak berbakat dalam bidang olahraga. Di antaranya adalah Supriadi yang merupakan pemain timnas dan sekarang bergabung di club Persebaya. Supriadi dan anak-anak berbakat lainnya pernah dikirim ke Liverpool untuk mengembangkan bakatnya dalam bermain sepak bola.

Tahap kedua, Wali Kota Risma mengirimkan anak-anak disabilitas untuk belajar hidup mandiri di Liverpool. Salah satu yang dikirim ke Liverpool adalah Ibam, anak disabilitas yang memiliki keahlian dalam dunia musik. Ia juga selalu tampil ketika Surabaya ada even internasional.

Pewarta : Abdul Hakim
Editor: Yuniardi Ferdinand
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar