Dari sejak awal perjuangan kemerdekaan hingga kini, Papua adalah bagian dari NKRI. Masyarakat Papua adalah masyarakat Indonesia, tidak ada perbedaan, tidak ada perpecahan, kata Bambang
Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meminta seluruh pihak di Papua, baik masyarakat maupun aparat TNI/Polri dan pemerintah daerah, untuk bisa menahan diri agar tidak terprovokasi melakukan hal-hal yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

"Dari sejak awal perjuangan kemerdekaan hingga kini, Papua adalah bagian dari NKRI. Masyarakat Papua adalah masyarakat Indonesia, tidak ada perbedaan, tidak ada perpecahan," kata Bambang yang akran dipanggil Bamsoet dalam siaran pers di Jakarta, Rabu.

Dia mengingatkan pada tahun 1956 saat berpidato di Kongres Amerika Serikat, Bung Karno dengan tegas menyatakan Indonesia belum sempurna manakala Papua belum kembali ke pangkuan.

Baca juga: Ketua DPR minta Pemda Papua Barat berikan penjelasan

Kepala Badan Bela Negara FKPPI itu mengatakan, kejadian pembakaran sejumlah fasilitas umum, seperti Gedung DPRD Papua Barat dan gedung ruang pamer mobil di Manokwari pada Senin (19/8) ataupun yang terbaru berupa pembakaran Pasar Tradisional Tambaruni di Kota Fak-Fak, Papua Barat dan perusakan fasilitas Kantor Bank Rakyat Indonesia pada Rabu (21/8), tidak boleh melebar lebih jauh.

"Kita tentu menyayangkan berbagai tindakan rasis dan diskriminatif yang sebelumnya sempat terjadi terhadap saudara-saudara kita warga Papua. Saya yakin, kebesaran hati masyarakat Papua akan bisa memberikan maaf," jelas Bamsoet.

Baca juga: Wiranto kobarkan kedamaian di Papua

Bendahara Umum DPP Partai Golkar 2014-2016 ini berharap bangsa Indonesia bisa memetik pelajaran atas peristiwa tersebut agar tidak ada lagi yang merasa lebih unggul dari saudara sebangsa lainnya.

Dia menegaskan, Indonesia adalah rumah besar yang nyaman bagi semua suku, agama, ras, dan golongan, bukan milik salah satu kaum saja.

Baca juga: Kerusuhan Papua, KSP ajak semua pihak mengikuti himbauan Presiden

"Wali Kota Malang, Wali Kota Surabaya, Gubernur Jawa Timur, serta jajaran pemerintah pusat sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah Papua dan Papua Barat. Insyaallah, berkat doa dan kerja sama semua pihak, tanah Papua bisa kembali damai," jelas Bamsoet.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Edy Supriyadi
Copyright © ANTARA 2019