Kemenag Malut tingkatkan pelayanan di asrama haji

id Haji

Suasana pelayanan jamaah haji di Asrama Haji Ngade Kota Ternate (Abdul Fatah)

Ternate (ANTARA) - Kementerian Agama Maluku Utara akan meningkatkan pelayanan khususnya di Asrama Haji Ngade Ternate, terutama kedatangan jamaah haji yang akan kembali dari Tanah Suci, Arab Saudi.

"Sejumlah persiapan terus dilakukan menjelang kedatangan jamaah haji asal Maluku Utara yang dijadwalkan tiba di Ternate akhir pekan ini," kata Kepala Kemenag Malut, H Sarbin Sehe di Ternate, Rabu.
Kepala Kemenag Malut, Hi Sarbin Sehe (ANTARA/Abdul Fatah)

Menurut dia, pihaknya telah berkoordinasi dengan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Daerah (PPIHD) Malut untuk memberikan pelayanan dan kenyamanan selama kehadiran jamaah haji dari Tanah Suci.

H. Sarbin Sehe usai pertemuan tersebut mengatakan, dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap jamaah haji, bersama pihak maskapai penerbangan Lion Air disepakati, proses boarding dan pemeriksaan saat jamaah haji kembali ke Ternate.

Baca juga: Malaysia undang Indonesia tukar informasi terkait penyelenggaraan haji

Selain itu, dalam proses boarding dan pemeriksaan extray di asrama Haji Sudiang Makassar ini bisa mengurangi waktu hingga 3 jam, jika dibandingkan porses extray berlangsung di bandara, apalagi tingginya volume penumpang di bandara, baik penumpang reguler maupun jamaah haji.

Bahkan, dalam pertemuan yang dilaksanakan satu hari tersebut dihadiri sejumlah instansi terkait seperti Biro Kesra Setda Provinsi Malut, Maskapai Penerbangan Lion Air, Polres Ternate serta Dinas Perhubungan Provinsi Malut.

"Memang, dalam penjemputan jamaah haji di tahun sebelumnya, dilakukan proses pemeriksaan ekstrak berlangsung di bandara menyebabkan antrian panjang sehingga memakan waktu lebih dari empat jam," katanya.

Baca juga: Jumlah jemaah haji meninggal 243 orang

Dia mengakui, jamaah haji asal Malut kebanyakan adalah para lansia, sehingga sangat riskan jika terlalu lelah mengantre, apalagi para jamaah baru saja melalui proses ibadah haji dan perjalan panjang dari Jeddah.

Kakanwil berharap dengan perubahan pelayanan boarding dan pemeriksaan extray ini, waktu jama'ah beristirahat lebih banyak dan dalam kondisi bugar kembali ke daerah masing-masing.

Baca juga: Dr Erick Blue, haru birunya Komandan Tim Gerak Cepat Haji

Untuk diketahui bahwa jadwal pemulangan jamaah haji Provinsi Malut dari Emberkasi Makassar ke Ternate seperti kloter 7 flight 1,2 dan 3 hari pertama berangkat dari Jeddah Kamis, 22 Agustus 2019 tiba di Makassar Jumat 23 Agustus 2019 selanjutnya berangkat dari Makassar ke Ternate Sabtu, 24 Agustus 2019 mendatang.

Begitu pula, untuk kloter 8 Flight 1,2 dan 3 hari kedua berangkat dari jeddah Jumat, 23 Agustus 2019 tiba di Makassar, Jumat 23 Agustus 2019 selanjutnya berangkat dari Makassar ke Ternate Minggu, 25 Agustus 2019 dan kloter 9 berangkat dari Jeddah, Jumat 23 Agustus 2019 tiba di Makassar, Sabtu 24 Agsutus 2019 selanjutnya berangkat dari Makassar ke Ternate pada 26 Agustus 2019 nanti.

 

Pewarta : Abdul Fatah
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar