Padang (ANTARA) - Universitas Negeri Padang (UNP) Sumatera Barat bekerjasama dengan PT Telkom Indonesia (Persero) menyediakan akses internet gratis bagi seluruh mahasiswa yang kuliah di kampus tersebut.

"Hari ini kami sudah penandatangan naskah kerja sama (MoU) dengan Telkom Indonesia untuk menyediakan akses internet secara gratis bagi mahasiswa dan civitas akademika UNP," kata Rektor UNP, Ganefri di Padang, Senin.

Ia mengungkapkan, internet gratis tidak hanya bisa digunakan di lingkungan kampus, namun mahasiswa juga bisa mengaksesnya di mana saja di seluruh Indonesia dengan memanfaatkan fasilitas wifi-id.

Lebih lanjut ia menjelaskan, penyediaan akses internet gratis kerja sama dengan Telkom Indonesia tersebut bagian dari pengembangan "blue print" dari universitas untuk menuju salah satu "smart kampus" di Indonesia.

Ada beberapa tahapan yang harus dipenuhi oleh UNP untuk masuk dalam jajaran "smart kampus", salah satunya yang paling penting ketersediaan sarana dan prasarana jaringan IT dan internet.

Selama ini katanya, pihak UNP hanya menyewa layanan internet untuk lingkungan kampus saja, sekarang dengan kerja sama tersebut seluruh mahasiswa dan civitas akademika dapat menikmati internet gratis di mana saja.

"Ini salah satu layanan yang kami berikan kepada mahasiswa dalam rangka memberikan akses yang lebih luas, untuk bisa mendapatkan sumber dan tempat belajar itu dari mana saja serta waktu belajar kapan saja," katanya.

Disamping itu, pihaknya saat ini memberikan kesempatan ke dosen untuk mengembangkan teknik belajar 50 persen tatap muka dan 50 persen lagi bukan tatap muka (teknik), hal tersebut harus ditopang dengan sistem jaringan yang kuat.

General Manager ES Education Services Telkom Indonesia, Arliek Arnastoto mengatakan pihaknya sangat berkomitmen memajukan kampus secara bersama-sama dan mendukung UNP menuju "smart kampus" dan masuk rangking secara global.

"Kami menyediakan 300 ribu akses wifi di seluruh Indonesia, ini bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa UNP," katanya.

Ia menambahkan dari 4.520 perguruan tinggi di Indonesia, hanya 1.000 perguruan tinggi yang telah memiliki akses internet berkualitas broadband.

Pewarta: Laila Syafarud/Agung Pambudi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019