mendirikan bangsa ini melalui perjuangan yang sangat berat, dan perjuangan para pejuang terdahulu itu sampai titik darah penghabisan
Makassar (ANTARA) - Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman pada upacara penurunan bendera Merah Putih dalam rangka HUT Ke-74 RI di daerah itu di Makassar, Sabtu, mendorong para pemuda setempat terus berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

"Saya yakin dengan fokus pada peningkatan kualitas SDM, Indonesia dapat segera mewujudkan visinya menjadi negara maju untuk akselerasi daya saing melalui inovasi dan penguatan kualitas sumber daya manusia," katanya di Makassar, Sabtu.

Pada upacara penurunan bendera Merah Putih dalam rangka HUT Ke-74 Kemerdekaan RI di Lapangan Rumah Jabatan Gubernur Sulsel di Makassar itu, antara lain dihadiri Wakil Ketua PKK Sulsel Naomi Octarina.

Andi Sudirman menjelaskan bahwa hal itu juga sesuai dengan visi Presiden Jokowi membangun kualitas sumber daya manusia atau fokus kepada pengembangan sumber daya manusia.

Ia juga bersyukur karena dapat merayakan HUT RI, dengan menghadiri upacara penurunan bendera.

Selain itu, dirinya juga berharap, bahwa seiring bertambahnya usia, Indonesia bisa semakin maju dan sejahtera.

"Kita harus ingat, mendirikan bangsa ini melalui perjuangan yang sangat berat, dan perjuangan para pejuang terdahulu itu sampai titik darah penghabisan," ungkap dia.

Ia menyampaikan harapan bahwa Indonesia semakin maju dan sejahtera, khususnya Provinsi Sulsel.

Pada 17 Agustus tahun ini, suka cita peringatan kemerdekaan turut dirasakan seluruh masyarakat yang hadir di sekitar Rumah Jabatan Gubernur Sulsel.

Wagub Andi Sudirman setelah upacara langsung mendatangi masyarakat dan berjabat tangan dengan mereka.

Bagi Andi Sudirman, jiwa dan semangat kemerdekaan mereka tertanam di dalam diri sebagai rakyat Indonesia.

"Kelak mereka dapat memberikan kontribusi berharga bagi Indonesia, khususnya Provinsi Sulsel," kata dia.

Baca juga: LIPI buka keran riset untuk peningkatan SDM
Baca juga: Bappenas: Rencana Kerja Pemerintah 2020 fokus peningkatan SDM

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2019