Padang, (ANTARA) - Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia Edi Sukmoro menilai Program Siswa Mengenal Nusantara yang digagas Kementerian BUMN bersama BUMN di Tanah Air merupakan upaya menumbuhkan kecintaan kepada Tanah Air di kalangan siswa sejak dini.

"Positifnya para pelajar yang menjadi peserta bisa mengenal daerah lain termasuk mempelajari kebudayaannya sehingga pada akhirnya bisa mencintai nusantara secara menyeluruh," kata dia di Padang, Sabtu.

Ia menyampaikan hal itu usai mengikuti upacara HUT ke-74 Republik Indonesia bersama BUMN Untuk Negeri di Plaza Semen Padang.

"Ini merupakan program luar biasa yang dijalankan BUMN bersama-sama untuk melahirkan SDM unggul," kata dia.

Pada 2019 Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) dalam rangka kegiatan BUMN Hadir untuk Negeri PT KAI berperan sebagai Person In Charge (PIC) dengan memberangkatkan siswa asal Sumbar ke Kalimantan Selatan dan sebaliknya.

Peserta Siswa Mengenal Nusantara dari Kalimantan Selatan yang ditempatkan di Sumbar akan mendapat materi sejarah dan perkembangan perkeretaapian di Sumatera Barat.

Dari beberapa jadwal kegiatan yang akan diikuti pada 13 sampai 18 Agustus peserta SMN 2019, khusus peserta dari Sumbar sebelum berangkat ke Kalimantan Selatan melakukan kunjungan ke PT KAI Divre II melihat bengkel kereta api di Stasiun Padang.

Pada kesempatan itu seluruh peserta SMN melihat langsung perkembangan perkeretaapian di Sumbar dari tahun ke tahun serta bisa langsung menikmati perjalanan dengan kereta api Minangkabau Ekspres tujuan Bandara Internasional Minangkabau (BIM).

Dipilihnya kereta api Minangkabau Ekspres sebagai salah satu destinasi bagi peserta SMN 2019 selain sebagai salah satu gambaran kemajuan perkeretaapian di Sumbar juga demi efisiensi waktu bagi seluruh peserta.

Peserta Siswa mengenal Nusantara dari Kalimantan Selatan juga akan melakukan perjalanan ke Kota Pariaman untuk menikmati wisata edukasi konservasi penyu dan penanaman pohon mangrove.

Selanjutnya akan berkunjung ke Kota Bukittinggi untuk melihat langsung Taman Margasatwa Kinantan dan Ngarai Sianok, setelah itu seluruh peserta juga akan mendapat pemahaman tentang kerajinan pandai sikek yang merupakan ikon dari Kabupaten Tanah Datar.

Baca juga: Pabandya Kodam I/BB: generasi muda dapat mencegah faham radikalisme

Baca juga: Denhanud 474 Paskhas kenalkan alutsista TNI AU kepada SMN Riau

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019