Bursa transfer, Persebaya curi start, Persib rombak trio asing

id persib bandung,persebaya,madura united,badak lampung,shopee liga

Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts saat mengumumkan tiga pemain baru persib di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Kamis (15/8/2019). ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi

Jakarta (ANTARA) - Jendela transfer (transfer window) pertengahan musim Shopee Liga 1 2019 baru akan dibuka pada 27 Agustus, tetapi beberapa klub mulai berbenah dengan mendatangkan pemain baru.

Persebaya yang baru saja memecat Djadjang Nurdjaman sebagai pelatih kepala, menjadi yang terdepan dalam mendatangkan pemain.

Sementara itu Persib Bandung yang tengah terpuruk, pada Kamis malam membuat kejutan dengan mengumumkan perombakan total pemain asing mereka.

Berikut rekap bursa pemain pertengahan musim Shopee Liga 1 2019:

Persebaya Surabaya

Persebaya Surabaya mencuri start dalam perekrutan pemain baru setelah pada pertengahan Juni resmi mengikat kerja sama kembali dengan striker asal Brazil, David da Silva.

“Alhamdulillah semua proses negosiasi dengan David berjalan lancar,” ujar manajer Persebaya Chandra Wahyudi seperti dikutip dari laman resmi klub, Rabu (19/6) lalu.

David da Silva menjadi idola pendukung Persebaya berkat penampilan cemerlangnya musim lalu yang mencetak 20 gol sekaligus pencetak gol terbanyak kedua di Liga 1.

Baca juga: Manajemen Persebaya resmi pecat Djadjang Nurdjaman

Baca juga: Persebaya rekrut kembali David Da Silva


Bomber berusia 29 tahun tersebut musim pertama tahun ini memilih melanjutkan kariernya di Korea Selatan dan bergabung bersama Pohang Steelers yang merupakan salah satu klub di kasta sepak bola tertinggi di “Negeri Ginseng”.

Akan tetapi, prestasi David da Silva di negeri ginseng gagal moncer sehingga ia memutuskan kembali bergabung dengan Bajul ijo. Bahkan, striker bernama lengkap David Aparecido da Silva itu sudah mulai berlatih bersama dengan tim di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Benowo, Surabaya, Jawa Timur, awal bulan ini.

Madura United

Tim bertabur bintang Madura United yang berambisi menjuarai liga 1 musim ini menambah amunisi dengan mendatangkan Diego Assis yang tampil tajam bersama Persela Lamongan di Liga 1 musim 2018.

Kepastian Madura United mendatangkan striker asal Brazil itu diumumkan Manajemen Laskar Sapi Kerap pada Senin (12/8).

"Penandatanganan Diego sebagai pemain Madura United sudah selesai dilakukan. Meski resmi berbaju Madura United, Diego Assis baru bisa dimainkan setelah proses pendaftaran ke operator kompetisi disahkan," kata manajer Madura United, Haruna Soemitro.

Kehadiran Diego Assis untuk menggantikan posisi pemain asing asal Liberia, Zah Rahan, yang harus absen lama karena cedera.

Madura United masih menyisakan jatah satu pemain asing dari wilayah negara yang tergabung dengan AFC. Untuk itu, Madura United kini sedang memberi kesempatan trial gelandang berkewarganegaraan Australia, Ante Bakmaz.

Persib Bandung

Persib Bandung memberi kejutan pada bobotoh, Kamis malam, dengan secara resmi mengakhiri kerja sama dengan tiga pemain asingnnya, Bojan Malisic, Artur Gevorkyan, dan Rene Mihelic.

Jelang putaran kedua Shopee Liga 1 musim 2019-2020, Persib Bandung juga sekaligus mengumumkan tiga pemain yang akan didatangkan untuk memperkuat skuat Maung Bandung.

Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts mengatakan tiga pemain tersebut didatangkan setelah dia melakukan analisa permainan Persib dalam putaran pertama.

"Musim transfer akan datang, kita menganalisa putaran pertama, di putaran kedua kita akan ganti pemain, kita punya line up baru di putaran kedua," kata Robert di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Kamis.

Tiga pemain tersebut adalah Kevin Van Kippersluis yang berposisi sebagai penyerang berusia 26 tahun asal Belanda, Nick Kuipers, pemain bertahan berusia 26 tahun asal Belanda dan Omid Nazari yang berposisi sebagai gelandang berusia 28 tahun asal Filipina kelahiran Swedia.

Kevin berasal dari Belanda dan bermain untuk SC Cambur di Liga 2 Belanda. Posisinya sebagai penyerang, winger, dan second striker.

Nick yang juga dari Belanda terakhir bermain di Liga Utama Belanda bersama Ado Den Haag dan FC Emmen di putaran kedua.

Adapun Omid Nazari yang berpaspor Filipina, terakhir bermain untuk Ceres Negros di Liga utama Filipina.

Baca juga: Robert Alberts sorot manajemen Persib

Baca juga: Persib siap datangkan tiga pemain anyar


Persib kini juga sedang mencari kiper baru untuk menggantikan Deden Natsir yang mengalami cedera parah dan tidak bisa bermain dalam jangka waktu lama.

Perseru Badak Lampung FC

Perseru Badak Lampung FC yang kini ditangani mantan pelatih Arema FC, Milan Petrovic sebagai pengganti Jan Saragih, sudah meresmikan datangnya bek PSM Makassar Reva Adi Utama.

Kepastian bergabungnya Reva diumumkan melalui instagram resmi Perseru Badak Lampung FC, @badaklampungfc pada Kamis (15/8).

"Selamat datang @rvadiutama5 di Laskar Saburai BLFC! Semoga dapat memberikan yang terbaik di putaran kedua nanti," tulis pernyataan di instagram resmi BLFC.

Kepindahan Reva Adi Utama ke BLFC sedikit mengejutkan, karena sebelumnya pemain berusia 22 tahun dirumorkan itu akan berlabuh di Persija Jakarta.

Reva Adi Utama memutuskan hengkang dari PSM karena selama putaran pertama, ia nyaris tak pernah dapat jatah bermain. Reva kalah bersaing dengan Beny Wahyudi dan Taufik Hidayat di posisi bek sayap.

 

Pewarta : Dadan Ramdani
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar