museum itu memiliki cerita atau sejarah sejak pertama kali bangsa kita ada sampai sekarang
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengajak siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) untuk mengenali
sejarah bangsa melalui kunjungan ke museum.

"Dengan kunjungan ke museum, anak-anak bisa mengenali sejarah bangsanya. Museum itu memiliki cerita atau sejarah sejak pertama kali bangsa kita ada sampai sekarang," ujar Direktur Pembinaan PAUD Kemendikbud, Muhammad Hasbi, di Jakarta, Rabu.

Dengan berkunjung ke museum, kata Hasbi, anak-anak bisa mengenal sejarah terbentuknya bangsa Indonesia.

Sebanyak 1.000 siswa PAUD dari Jabodetabek mengikuti kegiatan PAUD Goes to Museum dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan di Museum Nasional, Jakarta, Rabu.

Selain itu, program tersebut juga memberikan pendidikan kebangsaan pada siswa PAUD. Dengan berkunjung ke museum, siswa mengenali bangsanya sendiri.

"Dengan melestarikan, menumbuhkan dan menanamkan nilai cinta Tanah Air, merupakan kewajiban seluruh elemen bangsa."

Hasbi juga menambahkan pihaknya juga memberikan pendidikan karakter. Pendidikan karakter yang ditanamkan sejak dini akan melekat hingga dewasa. Berbeda jika ditanamkan sejak muda.

Siswa PAUD itu mengikuti sejumlah kegiatan, di antaranya tur museum, mengikuti permainan, membuat keterampilan tangan, dan mendengarkan cerita. Juga sejumlah kegiatan interaktif lainnya seperti merangkai manik-manik, membuat souvenir dari tanah liat dan mewarnai gambar. Hasil karya para siswa PAUD tersebut dapat dibawa pulang.

Pewarta: Indriani
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019