Jakarta (ANTARA) - Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia M Syarif Bando mengatakan kebutuhan pustakawan di Indonesia mencapai 500 ribu orang, sementara yang tersedia baru sekitar 5 ribu pustakawan.

“Masih dari jauh dari yang diharapkan, itu dihitung dari satu sekolah satu pustakawan untuk Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Agama, jumlahnya mencapai 500 ribu orang,” jelas Syarif di Jakarta, Selasa.

Menurut Syarif walaupun masih kurang dalam bentuk jumlah, tetapi dirinya merasa bangga atas kinerja para pustakawan saat ini sebagai motor penggerak perpustakaan baik di perguruan tinggi, perpustakaan umum di desa, kecamatan, kabupaten hingga provinsi.

“Indonesia telah mencatat sebagai salah satu Negara dengan kualitas perpustakaan terbaik di dunia dalam menyajikan akses mencapai 2,3 miliar karya ilmiah,” ungkap Syarif.

Selain itu, Indonesia berada pada urutan ke 16 dari 30 negara besar yang diteliti untuk kegemaran membaca dengan rata-rata 6 jam lebih per pekan atau lebih baik dari Inggris, Amerika Serikat, Jepang dan Korea.

Dengan capaian itu kata Syarif, kebijakan pemerintah menjadikan perpustakaan sebagai urusan wajib baik di pusat, provinsi maupun kabupaten kota, mulai menunjukkan titik terang. Ditambah lagi dengan keterlibatan para penggiat literasi di Indonesia, untuk bersama-sama pemerintah mendorong tumbuhnya kegemaran membaca di masyarakat.

“Yang paling penting adalah sejak diluncurkan pengiriman buku gratis setiap tanggal 17 bulan berjalan, oleh Prseidn Joko Widodo, sudah lebih 400 ton buku terkirim dari sabang sampai Merauke selama kurun waktu tersebut,” kata Syarif.

Angka itu menurut dia menunjukkan partisipasi orang-orang sukses di Jakarta turut mengambil bagian dalam mengirimkan buku ke daerah asalnya masing-masing.

Syarif berharap para pustakawan terus berinovasi untuk menyesuaikan dengan tantangan dalam menghadapi revolusi industri 4.0, yakni kepemimpinan, dapat memecahkan masalah, kekuatan jaringan, dapat berkolaborasi, berinovasi serta memiliki kreativitas.

Baca juga: Pustakawan kampanyekan gemar membaca melalui kedai kopi di CFD

Baca juga: Pustakawan Sleman peroleh SK Presiden sebagai ahli utama


Pewarta: Fauzi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019