Transaksi TapCash BNI JJF-2014 Capai Rp2,8 Miliar

id Transaksi TapCash BNI JJF-2014 Capai Rp2,8 Miliar

Jakarta, (Antara) - Transaksi menggunakan kartu prabayar TapCash PT Bank Negara Indonesia (BNI) selama kegiatan Java Jazz Festival (JJF) 2014 mencapai 72.162 kali dengan nilai mencapai Rp2,8 miliar atau meningkat 9,0 persen dibanding JJF 2013.

"Selama pelaksanaan JJF 2014, transaksi TapCash BNI mencapai 72.162 transaksi dengan sales volume mencapai Rp2,8 miliar atau meningkat sembilan persen dibandingkan transaksi tahun lalu," kata Sekretaris Perusahaan BNI, Tribuana Tunggadewi dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis.

Menurut Tunggadewi, salah satu faktor penyebab tingginya transaksi tersebut adalah semakin mudahnya menggunakan kartu prabayar selama penyelenggaraan JJF 2014.

Ia mengatakan sepanjang pelaksanaan JJF 2014, lebih dari 15.000 kartu TapCash BNI terjual yang menandakan aktifnya peralihan dari BNI Prepaid (kartu prabayar yang lama) ke TapCash BNI.

Untuk memudahkan pengalihan ini, BNI membuka penukaran kartu BNI Prepaid menjadi TapCash BNI tanpa dipungut biaya kartu senilai Rp 25.000 selama JJF 2014.

Dalam pagelaran musik yang berlangsung 28 Februari 2014 hingga 2 Maret 2014 itu, TapCash BNI menjadi alat pembayaran untuk pembelian makanan, minuman dan souvenir di merchandise shop JJF 20 14. Terdapat 2.500, kartu BNI Prepaid yang ditukarkan ke BNI TapCash selama JJF 2014, ujarnya.

Mengenai perkembangan TapCash BNI, Tunggadewi menjelaskan pada tahun 2014, BNI menjalin kerjasama dengan Universitas Indonesia (UI) dan BPJS Ketenagakerjaan antara lain dengan menambahkan fitur TapCash pada kartu mahasiswa.

Untuk pengisian ulang (top up) kartu TapCash dapat dilakukan di merchant-merchant yang bekerjasama dengan BNI dan ATM yang bertanda TapCash.

Hingga saat ini, kartu TapCash BNI dapat digunakan pada Bus Transjakarta, BNI-UGM FoodPark dan Kantin UI. Ke depan semua perangkat (EDC dan reader) di merchant BNI Prepaid akan digantikan dengan perangkat TapCash.

Penyebaran merchant TapCash BNI terfokus di sektor transportasi massal dan pendidikan, seperti jalan tol, area parkir, bus dalam kota, kereta, kampus dan sekolah. Hal itu karena transaksi di lokasi tersebut cenderung membutuhkan kecepatan dengan tingkat intensitas penggunaan yang cukup tinggi.

Kartu ini hadir dengan tiga desain yaitu kartu generik erdesain Wayang Arjuna, edisi khusus versi Jamie Cullum, dan versi khusus Natalie Cole. Ketiganya dipersembahkan kepada pengguna agar semakin mudah dan nyaman bertransaksi.

Selain itu kartu ini memiliki kelebihan dibanding pendahulunya, kartu BNI Prepaid, yaitu lebih cepat (karena transaksi kurang dari 1 detik), lebih efisien (karena dilakukan tanpa perlu uang kembalian), dan lebih aman karena platform kartu yang baru (Java Card) memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi dibandingkan dengan platform lama (mifare classic), sehingga mengurangi risiko uang palsu.

"Benefit yang akan didapatkan pemilik TapCash BNI adalah kartu yang lebih aman, lebih nyaman, dan jauh lebih cepat," ujar Tunggadewi.

Kartu TapCash BNI merupakan alat pembayaran berbentuk kartu yang diterbitkan oleh BNI yang dapat digunakan untuk transaksi pembayaran barang atau jasa di merchant berlogo TapCash dengan mengurangi dana yang ada di dalam kartu tersebut. (*/jno)
Pewarta :
Editor: Antara Sumbar
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar