Jalur Kereta Padang Panjang-Padang akan Diaktifkan Kembali

id Jalur Kereta Padang Panjang-Padang akan Diaktifkan Kembali

Silaturahmi PT KAI Sumbar dengan Pemkot Padang Panjang di rumah dinas Wakil Wali Kota Padang Panjang.

Padang Panjang, (Antara) - Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumbar, menginginkan pengaktifan kembali jalur kereta api antara Kota Padang Panjang dan Padang untuk mengurangi kepadatan lalu lintas jalan raya di daerah itu.

Wakil Wali Kota Padang Panjang, Mawardi di Padang Panjang, Rabu, menyebutkan selama ini jalur kereta tersebut tidak difungsikan padahal kepadatan lalu lintas di jalan raya mulai meningkat.

"Kami sedang menjajakinya dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI), setelah ada respon atas surat dari Pemerintah Kota Padang Panjang kepada pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Perhubungan," kata Mawardi dalam silaturahmi dengan PT KAI Sumbar di rumah dinas Wakil Wali Kota Padang Panjang.

Selain Wakil Wali Kota Padang Panjang hadir dalam acara tersebut pejabat dari Dinas Perhubungan, Dinas Pekerjaan Umum (PU), camat dan pejabat dari instansi terkait lainnya.

Sementara dari PT KAI hadir pimpinan regional PT KAI Sumbar Erfianto bersama jajarannya baik yang ada di Padang Panjang maupun yang ada di Kota Padang sebanyak enam orang.

Menurut Mawardi, diaktifkannya kembali jalur kereta api Padang Panjang-Padang itu akan membantu masyarakat dan Pemkot Padang Panjang dalam meningkatkan kemajuan daerah.

"Ini akan bisa menambah kunjungan wisatawan ke Kota Padang Panjang. Ini juga menjadi visi dan misi kepala daerah ketika mencalonkan diri pada Pemilukada 2013 lalu," katanya.

Bagi masyarakat, kata dia, pengaktifan jalur kereta api bisa mencegah dan mengurangi kemacetan lalu lintas yang selalu terjadi di kawasan Lembah Anai pada waktu-waktu tertentu.

"Masyarakat pengguna kendaraan pribadi bisa memanfaatkan jasa kereta api sehingga akan bisa mengurangi kepadatan kendaraan di jalan raya," katanya.

Sementara itu PT KAI Sumbar mendukung rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Padang Panjang tersebut, mengingat pengguna kereta api di daerah itu saat ini masih minim.

"Kami sangat mendukung apa yang direncanakan Pemkot Padang Panjang karena jalur kereta api yang berjarak sekitar 70 kilometer itu tinggal diperbaiki saja untuk mengaktifkannya kembali," kata Pimpinan Regional PT KAI Sumbar Erfianto.
Bagi PT KAI, menurut dia, pengaktifan jalur itu akan merupakan ekspansi rute di Sumbar sehingga memudahkan masyarakat dalam bertransportasi.

Dari segi rangkaian kereta api dan jalur yang akan diperbaiki, Erfianto menyebutkan perbaikan rel hanya dari Lubuk Alun di Kabupaten Padang Pariaman sampai ke Padang Panjang.

"Karena jalur Padang-Padangpariaman sudah aktif selama ini. Untuk rangkaian kereta sudah ada di Padang dengan nama Cindua Mato yang beroperasi sejak 2006," katanya.(**/ben)
Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar