28 UPR di Agam Dapatkan Bantuan DKP

id 28 UPR di Agam Dapatkan Bantuan DKP

28 UPR di Agam Dapatkan Bantuan DKP

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Agam Ermanto SP.i. MSi

Lubukbasung, (Antara) - Sebanyak 28 dari 429 Unit Pembibitan Rakyat (UPR) di Kabupaten Agam, Sumatera Barat mendapat bantuan untuk mengembangkan usaha pembibitan itu.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Agam, Ermanto di Lubukbasung, Senin (9/12), mengatakan, UPR tersebut mendapat bantuan seperti tabung gas, pemotong rumput dan mesing penghancur pelet.

UPR ini tersebar di Kecamatan Lubukbasung, Ampek Nagari, Tanjung Raya dan Palembayan.

"Masing-masing kelompok mendapatkan satu unit bantuan. Bantuan dengan total dana sebesar Rp90 juta ini berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK)," kata dia.

Menurut Ermanto, bantuan yang diberikan ini bertujuan untuk pengembangan UPR dalam rangka pemasaran dan peningkatan produksi.

Pada tahun 2013, produksi bibit ikan jenis mas, nila, lele dan lainnya sebanyak 470 juta bibit, pada 2012 sebanyak 427 juta bibit.

"Kita berusaha tahun 2014 produksi bibit ikan akan meningkat dari tahun sebelumnya," katanya.

Sebelumnya, DKP Kabupaten Agam juga menyerahkan bantuan induk ikan sebanyak 95 paket kepada UPR dan DKP Provinsi Sumbar juga memberikan 90 paket kepada UPR.

Ia menambahkan, total DAK yang diserahkan untuk nelayan pada tahun 2013 sebesar Rp6.176.165.450 dan pada 2012 sebesar Rp 4,5 miliar.

"Bantuan ini berupa alat tangkap, kapal, induk ikan, pelet, mesin tempel dan lainnya," katanya. (**/ari/WIJ)
Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar