KPU Agam jadwalkan dua kali debat pasangan calon bupati-wakil bupati

id Agenda debat Pilkada Agam

KPU Agam jadwalkan dua kali debat pasangan calon bupati-wakil bupati

Ketua KPU Agam Herman Susilo (baju putih) sedang meninjau surat suara /pemilu beberapa waktu lalu. ANTARA/Yusrizal.

Lubuk Basung,- (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Agam, Sumatera Barat menjadwalkan dua kali kegiatan debat pasangan calon bupati dan wakil bupati pada Pilkada 2024.

"Debat itu bakal kita adakan di tengah dan akhir masa kampanye," kata Ketua KPU Agam Herman Susilo di Lubuk Basung, Minggu.

Ia mengatakan untuk lokasi pelaksanaan debat bakal diadakan di Luk Basung Agam. Sedangkan tanggal dan waktu pelaksanaan bakal menyusul.

Ini berdasarkan hasil kesepakatan dengan internal KPU dan LO (Liaison Officer) atau penghubung masing-masing pasangan calon.

"Kita telah menyepakati dengan LO pasangan calon dan jadwal bakal menyusul," katanya.

Ia menambahkan masa tahapan kampanye Pilkada 2024 berlangsung selama 60 hari dimulai dari 25 September sampai 23 November 2024.

Sesuai dengan peraturan PKPU mengenai tahapan kampanye, tambahnya, ada kampanye yang difasilitasi oleh KPU dan ada metode kampanye yang dilakukan sendiri oleh gabungan partai politik dan pasangan calon.

Khusus yang difasilitasi KPU berupa debat publik, pemasangan alat peraga kampanye dan penyediaan bahan kampanye bagi seluruh pasangan calon.

Untuk pertemuan terbatas dan pertemuan tatap muka dijalankan metodenya oleh gabungan partai politik dan pasangan calon.

Begitu juga 14 hari terakhir pada 10-23 November 2024 bakal ada metode kampanye berupa iklan di media masa, elektronik dan lainnya.

"Semua tahapan kampanye sudah ada aturan dan kita telah melakukan koordinasi dengan LO agar tahapan kampanye berjalan sesuai aturan," katanya.

Ia berharap pelaksanaan tahapan kampanye berjalan lancar dan berjalan sesuai harapan demi terciptanya bupati dan wakil bupati periode 2025-2030.

Pilkada Agam diikuti oleh empat pasangan calon yakni, Guspardi Gaus-Yogi Yolanda, Benni Warlis-Muhammad Iqbal, Andri Warman-Martias Wanto dan Irwan Fikri-Asra Faber.