Muhammadiyah Kota Padang Dukung Hendri Septa-Hidayat di Pilkada 2024, Ini Alasannya

id Muhamadiyah,hendri septa,hidayat

Muhammadiyah Kota Padang Dukung Hendri Septa-Hidayat di Pilkada 2024, Ini Alasannya

Hendri Septa-Hidayat dapat dukungan dari Muhammadiyah. (ANTARA/ist)

Padang (ANTARA) - Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang nomor urut 3, Hendri Septa Hidayat, mendapat dukungan penuh dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Padang dalam Pilkada 2024 yang akan berlangsung November ini.

Ketua PDM Kota Padang, M. Fikar Dt. Rajo Magek menegaskan bahwa dukungan tersebut disampaikan dalam rapat koordinasi (rakor) yang digelar oleh PDM Kota Padang pada 21 September 2024 di SMK 1 Muhammadiyah Kota Padang.

M. Fikar Dt. Rajo Magek mengungkapkan bahwa keputusan mendukung pasangan Hendri Septa-Hidayat merupakan hasil pleno PDM yang ke-50.

"Alhamdulillah, hasil rapat koordinasi ini telah kita pleno di tingkat daerah dan disampaikan kepada Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sumbar," ujar M. Fikar saat menyambut kunjungan silaturahmi Hendri Septa dan Hidayat ke Gedung Dakwah Muhammadiyah Sumbar, Kamis (26/9/2024).

M. Fikar juga menjelaskan bahwa Hendri Septa yang dikenal sebagai politisi PAN itu, memiliki hubungan yang baik dengan Muhammadiyah. "Setiap kali Muhammadiyah mengadakan kegiatan, Hendri Septa selalu mendukung dan membantu. Beliau selalu menepati janjinya meskipun sering sibuk," katanya.

Selain itu, Hendri Septa juga merupakan kader Muhammadiyah. Ia pernah menjabat sebagai Bendahara Pemuda Muhammadiyah dan dua kali menjadi penasehat PDM Padang. Bahkan, ibu Hendri Septa saat ini merupakan Ketua Aisyiyah yang menunjukkan hubungan kuat keluarganya dengan Muhammadiyah.

Komitmen Kolaborasi

Sementara itu, dalam silaturahmi tersebut, Ketua PWM Sumbar, Bakhtiar menegaskan bahwa Muhammadiyah tetap menjaga independensinya dalam politik, meskipun secara strategis turut berperan dalam memberikan rekomendasi politik melalui Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP).

Bakhtiar menekankan bahwa Muhammadiyah tidak terafiliasi dengan partai politik mana pun atau pasangan calon, termasuk pada Pilkada Serentak 2024.

“Kami di Muhammadiyah menjaga independensi. Tidak terikat dengan partai politik maupun paslon, namun bebas menentukan sikap tanpa tekanan,” jelas Bakhtiar.

Di sisi lain, Hendri Septa mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Muhammadiyah atas sambutan yang hangat. Menurutnya, Muhammadiyah adalah "rumah gadang" yang sarat dengan nilai-nilai positif dalam hidupnya.

“Kami berkomitmen, jika terpilih, akan terus berkolaborasi dengan Muhammadiyah dalam memajukan pendidikan dan kesejahteraan masyarakat Kota Padang,” katanya.

Hidayat, yang juga merupakan wartawan senior dan anggota DPRD Sumbar 2 periode, turut mengapresiasi silaturahmi ini sebagai kesempatan baik untuk berdialog dan merumuskan berbagai program kolaboratif ke depan. Ia berharap, sinergi dengan Muhammadiyah akan semakin memperkuat pembangunan di Kota Padang.

Acara ini menjadi momen penting bagi kedua pihak untuk memperkuat komunikasi dan menjalin hubungan yang lebih erat. Ditutup dengan doa bersama, silaturahmi ini diharapkan membawa keberkahan dan kelancaran proses Pilkada Padang 2024. (**)