Novelis asal Minang, JS Khairen raih dua penghargaan bergensi

id Novelis, JS Khairen,IKAPI, Islamic Book Fair

Novelis asal Minang, JS Khairen raih dua penghargaan bergensi

JS Khairen foto bersama anggota keluarganya dan Maman Suherman usai terima penghargaan dari IKAPI. (ANTARA/HO)

Jakarta (ANTARA) -

Novelis berdarah Minang, JS Khairen meraih penghargaan bergengsi Writer Of the Year dari Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) pada ajang IKAPI Award 2024 dan menyabet penghargaan Book of The Year 2024 pada Islamic Book Fair.

Untuk IKAPI Award, penyerahan penghargaan tersebut diselenggarakan pada acara pameran buku tertua di Asia Tenggara, Indonesia Internasional Book Fair (IIBF) pada 25 September 2024 di Hall Cendrawasih, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

Ketua Umum IKAPI Arys Hilman Nugraha mengatakan setelah rutin diselenggarakan sejak 1980, pada 2024 ini, IKAPI melaksanakan penghargaan IKAPI Award.

IKAPI Award merupakan persembahan IKAPI untuk para insan penerbitan yang telah berkontribusi baik dalam dunia perbukuan di Indonesia, sebutnya.

Ada beberapa penghargaan yang diberikan yakni Writer of the Year, Book of the Year, Literacy Promoter, dan Children’s Book of the Year.

Dari seluruh kategori tersebut, dua peraih penghargaan merupakan penulis di bawah naungan penerbit Grasindo. Selain JS. Khairen sebagai Writer of The Year ada pula Maman Suherman yang mendapatkan penghargaan 'Literacy Promoter'.

Dua penerima penghargaan lainnya, yakni 'Book Of The Year' diterima untuk buku berjudul 'Seorang Pria Melalui Duka Dengan Mencuci Piring' karya Andreas Kurniawan terbitan Gramedia Pustaka Utama.

Kemudian penghargaan 'Children Book Of The Year' untuk buku berjudul 'Bintang & Gerhana' karya Tascha Liudmila dan Iku Nala terbitan Noura Publishing.

Arys mengatakan IKAPI telah membentuk tim penjurian untuk menyeleksi penerima penghargaan.

"Tim juri secara khusus menyeleksi para pemenang dari rekomendasi-rekomendasi yang masuk dan juga data perbukuan di Indonesia," ujar Arys Hilman.

Penghargaan di Islamic Book Fair

Selain sebagai penerima penghargaan Writer Of The Year pada IKAPI, JS. Khairen juga meraih penghargaan 'Book of The Year' pada ajang Islamic Book Fair kategori novel remaja untuk karyanya berjudul 'Kado Terbaik' terbitan Grasindo.

Berdasarkan data, pria dua anak itu tergolong sebagai penulis produktif. Hingga 2024 ia telah menelurkan sebanyak 20 buku yang berupa novel dan kumpulan cerpen. ***

Baca juga: Lantai Tiga Gramedia Padang membludak, bincang dengan penulis novel "Dompet Ayah Sepatu Ibu"