Ryan Porteous jadi pemain pertama yang diusir di Euro 2024

id piala eropa,euro 2024, Ryan Porteous

Ryan Porteous jadi pemain pertama yang diusir di Euro 2024

Ryan Porteous saat melakukan pelanggaran terhadap kapten jerman Ilkay Guendogan. ANTARA/AFP/THOMAS KIENZLE

Jakarta (ANTARA) - Pemain bertahan Skotlandia Ryan Porteous menjadi pemain pertama yang diusir wasit dari lapangan pada gelaran Euro 2024 di Jerman.

Bek Watford itu diganjar kartu merah oleh wasit Clement Turpin asal Prancis gara-gara melakukan tekel dengan dua kaki di tepi kotak penalti terhadap kapten Jerman Ilkay Gundogan pada menit ke-44, lapor AFP pada Sabtu pagi.

Clement Turpin sempat meninjau ulang pelanggaran tersebut melalui video assistant referee (VAR) kemudian memberikan hukuman kartu merah dan hadiah penalti untuk Jerman.

Penyerang Arsenal Kai Havertz pun berhasil mengonversi penalti itu menjadi gol ketiga Jerman sebelum jeda babak pertama.

Pundit sepak bola Inggris dan mantan pemain Arsenal di era 1990-an, Ian Wright mengecam pelanggaran yang dilakukan Ryan Porteous karena bisa menyebabkan Ilkay Guendogan mengalami cedera parah.

"Ini adalah pelanggaran yang sangat buruk dan mengerikan," kata Ian Wright. "Semoga Guendogan tidak mengalami cedera serius. Itu bisa jadi sangat buruk," katanya pula.

Timnas Jerman akhirnya menutup laga dengan kemenangan telak 5-1 atas Skotlandia dalam matchday 1 Grup A di Allianz Arena, Muenchen. Lima gol tim tuan rumah dicetak oleh lima pemain berbeda yaitu Florian Wirtz, Jamal Musiala, Kai Havertz, Niclas Fullkrug, dan Emre Can. Skotlandia hanya bisa mencetak gol hiburan membalas lewat bunuh diri Antonio Rudiger.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ryan Porteous jadi pemain pertama yang diusir pada Euro 2024