Gubernur: Bapanas dukung kebutuhan pangan saat bencana di Sumbar

id Bapanas,Mahyeldi, bencana, sumbar

Gubernur: Bapanas dukung kebutuhan pangan saat bencana di Sumbar

Gubernur Sumbar, Mahyeldi sambut Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi di Padang. (ANTARA/HO-Biro Adpim Sumbar)

Padang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi menyebut Badan Pangan Nasional (Bapanas) RI ikut berperan dalam pemenuhan kebutuhan pangan warga terdampak bencana di provinsi itu.

"Pangan menjadi kebutuhan vital saat tanggap darurat bencana. Bapanas memberikan dukungan saat bantuan tersebut dibutuhkan," katanya di Padang, Rabu.

Ia mengatakan itu saat menyambut kedatangan Kepala Bapanas RI Arief Prasetyo Adi di Bandara Internasional Minangkabau (BIM).

"Kami atas nama pemerintah daerah (pemda) dan masyarakat Sumbar mengucapkan terima kasih atas segala bentuk dukungan dari berbagai pihak selama proses penanganan bencana di Sumbar, termasuk dukungan kebutuhan pangan dari Bapanas," kata Gubernur Mahyeldi.

Ia mengatakan dalam proses penanganan bencana banjir dan banjir bandang di Sumbar, Bapanas menyalurkan bantuan beras ke lokasi bencana di Pessel, Agam, dan Tanah Datar.

"Bapanas menyalurkan bantuan 160 ton beras yang dibagikan bagi para korban bencana," ujar Mahyeldi.

Sementara itu Kepala Bapanas RI Arief Prasetyo Adi mengungkapkan pihaknya akan terus memonitor dan menerima pengusulan bantuan pangan untuk daerah-daerah terdampak bencana, termasuk Sumbar, yang dalam beberapa bulan terakhir mengalami beberapa kali kejadian bencana.

"Kami selalu terbuka untuk membantu memastikan kesediaan pangan bagi seluruh masyarakat, terlebih lagi yang tengah ditimpa bencana," katanya.

Ia menyebut kedatangannya ke Sumbar adalah untuk melihat proses pemulihan pascabencana di Kabupaten Agam dan melihat dukungan dan bantuan yang bisa diberikan.