Gubernur Sumbar: Pancasila harus diimplementasikan dalam keseharian

id Pancasila, Mahyeldi

Gubernur Sumbar: Pancasila harus diimplementasikan dalam keseharian

Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi. ANTARA/HO-Biro Adpim Sumbar

Padang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Barat menyebut nilai-nilai luhur yang terkandung di dalam Pancasila adalah berkah bagi bangsa Indonesia dan harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

"Pancasila bukan hanya untuk dihafal. Tetapi nilai-nilai yang terkandung di dalamnya haruslah diimplementasikan dalam kehidupan kemasyarakatan," katanya di Padang, Sabtu.

Ia mengatakan itu terkait peringatan Hari Lahir Pancasila yang diperingati pada 1 Juni setiap tahun.

Menurutnya Pancasila membawa nilai-nilai ketuhanan, toleransi dan gotong royong yang diperlukan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Dengan mengamalkan Pancasila, kita meneruskan cita-cita para pendiri bangsa untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia," katanya.

Ia menyebut Indonesia adalah bangsa yang besar. Terdiri dari ribuan pulau, banyak suku bangsa, budaya dan bahasa yang berbeda. Pancasila-lah yang selama ini menjadi perekat dalam sebuah kesatuan.

"Justru karena itu banyak negara yang ingin belajar pada Indonesia cara menjaga kesatuan padahal masyarakatnya sangat heterogen," katanya.

Ia berharap ke depan, generasi muda yang akan menjadi pondasi bangsa dalam mencapai visi Indonesia Emas 2045 bisa terus mempelajari dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila tersebut.

"Dengan demikian, harapan kita Indonesia bisa sejajar dengan negara-negara besar, negara maju bisa tercapai tanpa meninggalkan nilai-nilai luhur budaya bangsa," ujarnya.