Sebanyak 109 mahasiswa asal Indonesia lulus dari Universitas Al-Ahgaff di Yaman

id Universitas Al-Ahgaff di Yaman

Sebanyak 109 mahasiswa asal Indonesia lulus dari Universitas Al-Ahgaff di Yaman

Padang (ANTARA) - Sebanyak 109 mahasiswa asal Indonesia dinyatakan lulus dari Universitas Al-Ahgaff di Tarim, Yaman, yang dirayakan dalam upacara wisuda yang meriah bagi para mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum.

Dalam upacara tersebut, sebanyak 130 mahasiswa meraih gelar dan 109 mahasiswa di antaranya berasal dari Indonesia.

Sebanyak 109 wisudawan Indonesia itu berasal dari berbagai daerah di Indonesia yaitu 17 orang dari Jabodetabek, 9 orang dari Jawa Barat, 10 orang dari Madura, empat orang dari Kalimantan Barat.

Kemudian tiga orang dari Sulawesi, 13 orang dari Jawa Tengah, delapan orang dari Jawa Timur, tiga orang dari Aceh, enam orang dari Sumatera Utara, tiga orang dari Sumatera Barat, dua orang dari Riau, satu orang dari Jambi, satu orang dari Kepulauan Riau.

Kemudian tiga orang dari Sumatra Selatan, tiga orang dari Lampung, 10 dari NTB, dua orang dari Kalimantan Tengah dan 13 dari Kalimantan Selatan.

Selain wisudawan dari Indonesia, terdapat 21 wisudawan lainnya, mayoritas dari Yaman sendiri (16 wisudawan), serta 3 dari Malaysia, 1 dari Thailand, dan 1 dari Arab Saudi.

Para wisudawan berasal dari tiga jurusan di bawah naungan Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Al-Ahgaff yaitu jurusan Syariah, jurusan Syariah dan Hukum, serta jurusan Ilmu Hadis.


Rektor Universitas Al-Ahgaff, Al Habib Abdullah bin Muhammad Baharun mengapresiasi tinggi kepada para mahasiswa atas dedikasi dan semangat belajar mereka.

Al Habib Abdullah bin Muhammad Baharun juga mengingatkan para wisudawan untuk terus belajar dan tidak merasa puas dengan ilmu yang dimiliki serta selalu menebar manfaat di mana pun berada.

Salah satu mahasiswa, Raden Muhammad Mushoffa, dari Jurusan Ilmu Hadits asal Wonosobo mengatakan pentingnya universitas dalam membimbing mereka untuk tetap mengakar pada nilai-nilai salaf namun tetap terbuka pada diskusi internasional.

“Universitas Al-Ahgaff merupakan sebuah universitas yang hendak mengajak kita untuk menatap dunia dan berbincang membahas topik-topik internasional namun tetap menjaga akar salaf kita," kata dia.

Upacara wisuda ini menjadi penanda penting dalam kehidupan akademik para mahasiswa Indonesia di Universitas Al-Ahgaff.

Setelah ini, mereka akan kembali ke tanah air dengan membawa harapan baru dan tekad untuk berkontribusi pada pembangunan Indonesia.

Universitas Al-Ahgaff dikenal sebagai salah satu institusi pendidikan terkemuka di Yaman, yang menawarkan berbagai program studi berkualitas dengan fokus pada kajian Islam.

Banyak mahasiswa internasional, termasuk dari Indonesia, memilih universitas ini karena reputasinya yang unggul dalam bidang pendidikan dan penelitian.

Dengan diwisudanya para mahasiswa ini, diharapkan akan lahir generasi baru yang siap berperan aktif dalam berbagai sektor di Indonesia, dan membawa perubahan positif.