Prabowo: Kami siap maju melanjutkan pembangunan Indonesia

id Prabowo Subianto,Prabowo-Gibran,Pilpres 2024

Prabowo: Kami siap maju melanjutkan pembangunan Indonesia

Bakal pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka saat menyampaikan pidato politik dalam deklarasi di Indonesia Arena, Jakarta, Rabu (25/10/2023). (ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww)

Jakarta (ANTARA) - Bakal calon presiden (capres) usungan Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto, mengatakan dirinya siap maju dalam Pilpres 2024 serta melanjutkan pembangunan hingga membawa Indonesia menjadi negara maju dan makmur.

"Setelah ini, kami akan ikuti semua proses maju dan kami siap untuk maju di hadapan rakyat Indonesia dengan membawa program kami, membawa visi kami, membawa strategi kami untuk melanjutkan pembangunan dan mengantar Indonesia sampai menjadi negara yang maju dan yang makmur," kata Prabowo didampingi bakal calon wakil presiden (cawapres) Gibran Rakabuming Raka setelah menyerahkan berkas pendaftaran di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu.

Ketua Umum Partai Gerindra itu juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan membawa dirinya dan Gibran sampai ke hari pendaftaran tersebut.

"Saya, atas nama Koalisi Indonesia Maju, ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua unsur, semua pihak yang telah membantu membawa kami sampai ke hari pendaftaran ini," lanjut Prabowo.

Prabowo-Gibran tiba di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu, pukul 11.20 WIB, dengan kompak mengenakan kemeja bernuansa biru dan tersemat pin Bendera Merah Putih di bagian dada sebelah kiri.

Mereka didampingi para ketua umum partai politik anggota KIM, antara lain Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan, Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra, dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.

Kemudian, ada pula Ketua Umum Gelora Indonesia Anis Matta, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep, Ketua Umum Partai Garuda Ahmad Ridha Sabana, dan Ketua Umum Prima Agus Jabo Priyon.

Prabowo-Gibran menjadi pasangan bakal capres dan cawapres ketiga yang mendaftarkan diri pada hari terakhir pendaftaran ke KPU RI. Sebelumnya. pada hari pertama pendaftaran, Kamis (19/10), pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar serta Ganjar Pranowo-Mahfud MD telah mendaftarkan diri ke Kantor KPU RI.

KPU RI membuka masa pendaftaran pasangan capres dan cawapres untuk Pemilu 2024 pada 19-25 Oktober 2023.

Sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu), pasangan calon presiden dan wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.

Saat ini, terdapat 575 kursi di parlemen sehingga pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2024 harus memiliki dukungan minimal 115 kursi di DPR RI. Bisa juga, pasangan calon diusung oleh parpol atau gabungan parpol peserta Pemilu 2019 dengan total perolehan suara sah minimal 34.992.703 suara.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Prabowo: Kami siap maju melanjutkan pembangunan Indonesia