Pemprov Sumbar salurkan bantuan perikanan ke Pasaman Barat

id Bantuan perikanan

Pemprov Sumbar salurkan bantuan perikanan ke Pasaman Barat

Bupati Pasaman Barat Hamsuardi menerima sejumlah bantuan bidang perikanan tangkap untuk nelayan dari Pemprov Sumbar.  ANTARA/HO-Pemkab Pasaman Barat.

Simpang Empat,- (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menyalurkan sejumlah bantuan untuk nelayan bidang perikanan tangkap sebagai upaya meningkatkan produksi ikan di daerah itu.

"Ada sekitar Rp20 miliar bantuan diberikan kepada nelayan di Pasaman Barat," kata Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah di Simpang Empat, Sabtu.

Ia mengatakan nelayan di Pasaman Barat sebanyak mencapai 12.360 orang dan perlu diperhatikan.

Ia menyebutkan dari 7 kabupaten/kota di Sumbar yang memiliki nelayan. Maka, nelayan Air Bangis menjadi perhatian serius dari Provinsi Sumbar.

"Karena kami lihat nelayan Air Bangis ini memiliki potensi yang bagus. Keunggulan nelayan Air Bangis ini banyak di antaranya ikan yang ada di sini langsung bisa di ekspor ke luar negeri termasuk tenggiri. Untuk itu diharapkan juga kita bisa melihat bulan-bulan yang banyak menghasilkan ikan, sehingga nelayan bisa memaksimalkan," katanya.

Sementara itu Bupati Pasaman Barat Hamsuardi mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Sumbar atas bantuan kepada nelayan.

Menurutnya, Pasaman Barat memiliki potensi perikanan yang sangat besar khususnya Air Bangis. Ini tentunya perlu dikelola dengan baik agar bermanfaat untuk kesejahteraan masyarakat.

Bantuan Pemerintah Provinsi Sumbar untuk masyarakat Pasaman Barat melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumbar tahun 2023 meliputi bidang perikanan tangkap asuransi ketenagakerjaan sebanyak 1.100 nelayan, 20 unit mesin diesel kapal perikanan dan 23 unit mesin long tail 9PK.

Kemudian 30 Unit mesin tempel, 15 PK mesin tempel 8 PK 4 unit alat tangkap gillnet 33 Unit, alat tangkap kepiting 1.360 unit, tramel net fish box 100 Lt 29 Unit, fish box 200 Lt 70 Unit.

Selanjutnya 6 Unit SPG Roda 3 Fish Box 100 Lt 170 unit. Bidang Budidaya Benih lele 60.200 ekor benih, pakan lele 5.300 kilogram, obat Ikan 10 botol.

"Bidang PRLPSDKP 250 unit, bibit mangrove 8.500 batang dan 25.000 benih ikan garing," katanya.