BKKBN Sumbar harapkan program Genre ciptakan generasi muda berkualitas

id BKKBN Sumbar, harapkan, program Genre, mampu ciptakan, generasi berkualitas

BKKBN Sumbar harapkan program Genre ciptakan generasi muda berkualitas

Pemilihan Duta Genre Kabupaten Solok, Sumatera Barat. ANTARA/HO-Diskominfo Kabupaten Solok

Solok (ANTARA) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sumatera Barat berharap Program Generasi Berencana (Genre) di Kabupaten Solok mampu menciptakan generasi yang berkualitas.

"Generasi muda yang menjadi finalis di ajang Duta Genre Kabupaten Solok akan menjadi komando dalam kepemimpinan di masa yang akan datang," kata Ketua Pokja Remaja, BKKBN Sumbar Lismomon Nata di Arosuka, Kamis.

Lebih lanjut, ia mengatakan para remaja akan dihadapkan dengan masalah-masalah seperti pergaulan bebas atau narkoba, jika mereka bisa melewati masalah itu secara otomatis akan terbentuk untuk menjadi calon pemimpin masa depan.

"Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini bisa membantu menyukseskan program Bupati Solok dalam mambangkik batang tarandam," ucap dia.

Duta Genre adalah bentuk apresiasi yang kita berikan kepada para Pendidik Sebaya dan Konselor sebaya yang telah membantu remaja yang ada di sekitarnya.

"Mudah-mudahan Duta Genre ataupun finalis pada malam ini bisa menunjukkan kreatifitasnya untuk menjadi remaja yang berkualitas," ucap dia.

Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Solok menggelar pemilihan Duta Genre yang diikuti 120 peserta dan akhirnya terseleksi sebagai finalis sebanyak 36 orang hingga nanti akan ditetapkan menjadi tujuh orang.

Diharapkan Duta Genre yang terpilih di daerah itu harus mampu manfaatkan teknologi serta meningkatkan pemahaman dan keterampilan remaja dalam mempromosikan dan menyosialisasikan program genre.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan Perempuan Dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Solok Maryeti Marwazi mengatakan tujuan utama dari kegiatan pemilihan Duta Genre adalah meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan perilaku positif remaja dalam pengembangan diri, serta berkarakter dan berintegritas baik di lingkungan sekolah, universitas, keluarga dan masyarakat.

Selain itu, tujuan khususnya adalah meningkatkan pemahaman dan keterampilan remaja sebagai Duta Genre dalam mempromosikan dan mensosialisasikan program Genre melalui jaringan komunikasi dengan memanfaatkan teknologi.

Bunda Genre Kabupaten Solok Emiko Epyardi Asda mengharapkan semoga semua finalis ini bisa menjadi figur dalam mengatasi kegiatan-kegiatan yang tidak baik seperti narkoba pergaulan bebas dan lain sebagainya.

"Kami berpesan kepada seluruh Duta Genre agar teruslah belajar jangan pernah puas karena seluruh duta genre ini harus bisa mempersiapkan diri untuk menjadi pemimpin di masa yang akan datang," ucap dia.

Sekretaris Daerah Kabupaten Solok Medison berharap kepada finalis duta genre Kabupaten Solok agar bisa mempersiapkan diri untuk menghadapi teknologi 4.0 yang ada di era sekarang ini.

"Kita juga akan berusaha membentuk Duta Genre sampai ke tingkat nagari," ujar dia.

Ia berharap mudah-mudahan para duta genre Kabupaten Solok ini dapat berkiprah sampai ke tingkat nasional.