Pemkot Bukittinggi peringati Hari Lahir Pancasila 2023

id Pemkot Bukittinggi ,peringatan Hari Lahir Pancasila bukittinggi,Berita bukittinggi

Pemkot Bukittinggi peringati Hari Lahir Pancasila 2023

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila oleh Pemkot Bukittinggi (Antara/Al Fatah)

​​​​​​​Bukittinggi (ANTARA) - Pemerintah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat menggelar upacara bendera peringati hari lahir pancasila tahun 2023 yang dilaksanakan di halaman balaikota Bukittinggi, Kamis.

Wakil Wali Kota Bukittinggi, Marfendi selaku inspektur upacara, dalam amanatnya menyampaikan para pendiri bangsa Indonesia mencetuskan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa.

"Pancasila menjadi pengingat bahwa di tengah semua situasi dan kondisi, kedaulatan Indonesia berdasar pada keadilan sosial dan persatuan seluruh lapisan masyarakat," kata dia.

Ia mengatakan Pancasila bukan hanya dibaca, didengar, namun harus dipraktikkan dan diaktualisasikan dalam kehidupan keseharian.

"Target dan tujuan kita adalah mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Alhamdulillah, nilai nilai Pancasila saat ini, kita laksanakan," ujarnya.

Ia mengambil contoh bagaimana gotong royong dilakukan Pemkot Bukittinggi bersama masyarakat dan sukses menyelamatkan dari bahaya COVID-19.

"Ini harus dipertahankan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, rakyat Indonesia harus dapat merefleksikan kembali nilai-nilai Pancasila untuk menyatukan cita-cita dan langkah ke depan," katanya.

Menurutnya, Pancasila adalah jiwa yang baru yang menghidupkan menggelorakan negeri.

"Tanggal 1 Juni memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara, ataupun tujuan bangsa namun turut menjadikan sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari," kata dia.

Ia menambahkan tahun depan akan menghadapi pesta demokrasi yang terletak melalui keindahan pemilihan umum 2024.

"Untuk itu kami mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menciptakan pemilu yang jujur aman dan damai dan terus menjaga kerukunan dan keutuhan untuk menciptakan suasana anti korupsi sebagai wujud pengalaman nilai-nilai Pancasila,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, Anggota DPRD Bukittinggi, Edison Katik Basa didaulat membacakan teks pembukaan UUD 1945 dihadapan ratusan peserta upacara.