Bupati Agam dorong sekolah tingkatkan mutu lahirkan generasi berkualitas

id Bupati Agam ,Andri Warman,Agam Maju Generasi Pintar ,Berita agam,Berita sumbar

Bupati Agam dorong sekolah tingkatkan mutu lahirkan generasi berkualitas

Bupati Agam Andri Warman. 

Lubukbasung (ANTARA) - Bupati Agam, Sumatera Barat Andri Warman mendorong pihak sekolah di daerah itu meningkatkan mutu pendidikan, agar melahirkan generasi berkualitas yang akan menjadi tokoh terkemuka di masa mendatang.

"Ini harus dilakukan agar dapat melahirkan generasi berkualitas yang akan menjadi tokoh terkemuka di masa mendatang," katanya di Lubukbasung, Selasa.

Ia mengatakan, meningkatkan mutu pendidikan selain menjalankan program nasional, juga harus banyak muatan lokal yang diterapkan setiap sekolah seperti, agama, adat istiadat dan lainnya.

Muatan lokal agama dan adat istiadat menjadi ekstrakurikuler di sekolah, dalam membentuk akhlak dan kepribadian anak didik menjadi lebih baik ke depan.

“Kita di Minangkabau agama dan adat istiadat harus sejalan,” katanya.

Ia menambahkan, membiayai pendidikan bagi anak penghafal Al Quran berasal dari keluarga kurang mampu sampai ke perguruan tinggi dalam meningkatkan sumber daya manusia.

Saat ini sebanyak 228 mahasiswa yang menerima beasiswa dengan rincian pada 2021 sebanyak 110 orang dan 2022 sebanyak 118 orang.

Mereka kuliah di sejumlah perguruan tinggi ternama di Sumbar maupun luar Sumbar.

Ini salah satu program unggulan di bidang SDM dengan membangun masyarakat yang mandiri, berdaya saing, berkualitas dan berkarakter.

"Ini program Agam Maju Generasi Pintar dengan memberikan beasiswa kepada mahasiswa Agam yang berasal dari keluarga tidak mampu yang berkuliah di perguruan tinggi favorit," katanya.