Pj Wako Payakumbuh berikan bantuan moril dan tenaga untuk rehab rumah warga

id Berita sumbar,Pj Wako Payakumbuh ,berita payakumbuh,berita sumbar,rehab rumah warga payakumbuh

Pj Wako Payakumbuh berikan bantuan moril dan tenaga untuk rehab rumah warga

Pj Wako Payakumbuh Rida Ananda saat memberikan dukungan moril untuk rehab rumah warga. Antara/HO-Pemkot Payakumbuh

Payakumbuh (ANTARA) - Wakil Bupati Pasaman, Sabar AS meminta kolaborasi dan sinergi para perantau lebih dikongkritkan dalam bentuk aksi nyata dalam bingkai kebersamaan membangun kampung halaman.

"Alhamdulillah. Senang bisa menghadiri acara Halal Bi Halal pengurus IKKP Jabotabek Banten yang penuh keakraban dan rasa kebersamaan. Potensi besar yang dimiliki Perantau berdampak positif terhadap keberadaan warga perantau serta kontribusi nyata untuk kemajuan kampung halaman," kata Sabar AS di acara IKKP Jabodetabek Banten Purwasuka di Wisma PHI Cempaka Putih Jakarta Pusat, Minggu.

Sabar AS menyampaikan kolaborasi dan sinergi yang kuat antara Perantau dengan Pemerintah Daerah akan sangat besar manfaatnya untuk membangun kampung halaman Kabupaten Pasaman.

"Potensi sumber daya manusia dan jaringan yang dimiliki Perantau Pasaman akan bermanfaat bagi percepatan pembangunan daerah ditengah terbatasnya kemampuan fiskal daerah dalam memenuhi kebutuhan pembangunan," katanya.

Oleh karena itu kata dia peran dan kepedulian perantau dalam menjembatani masuknya investasi swasta maupun investasi Pemerintah menjadi suatu keniscayaan dan sangat diharapkan.

"Agar tercapainya percepatan pengembangan potensi daerah terutama pada sektor Pertanian dalam arti luas dari hulu hingga hilir, maupun sektor Perikanan yang menjadi potensi andalan Pasaman dari dahulunya," katanya.

Disamping itu kata dia pengembangan sektor Pariwisata sebagai sektor penggerak ekonomi daerah harus dikebut.

"Maka jika kemampuan fiskal/APBD yang memadai, juga didukung oleh faktor masuknya investasi dan terjadinya ekspor komoditi unggulan, tentu akan ada perubahan dan kemajuan daerah, sehingga terwujudnya Pasaman yang lebih baik dan bermartabat," katanya.

Ia juga menilai Ikatan Keluarga Kabupaten Pasaman (IKKP) sudah saatnya bertransformasi menjadi organisasi yang terstruktur secara Nasional dengan memiliki kepengurusan pusat (DPP) serta kepengurusan Wilayah disetiap Provinsi se-Indonesia sehingga lebih terorganisir dan terkonsolidasi maksimal.

Sementara Ketua IKKP Jabodetabek Banten, Adlis Rahman mengapresiasi atas kehadiran Sabar AS dalam acara tahunan tersebut.

"Pertama, kami bersama perantau akan terus memberikan sumbangan pemikiran positif untuk kemajuan daerah Pasaman tercinta. Kebijakan pemerintah yang pro rakyat akan terus didukung," kata Adlis Rahman.

Adlis Rahman mendorong agar kepengurusan IKKP terbentuk dan terkonsolidasi mulai dari tingkat Nasional hingga Wilayah di Indonesia bahkan luar negeri.

"Agar ada program prioritas berjenjang diseluruh daerah wilayah perantau Pasaman. Ini juga akan memudahkan kita dalam menelurkan program-program untuk kemajuan kampung halaman," tutupnya.